Home » » Budaya Bersih Diri dan Lingkungan Mewujudkan Sekolah Bersih Dengan Jumat Bersih

Budaya Bersih Diri dan Lingkungan Mewujudkan Sekolah Bersih Dengan Jumat Bersih

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Thursday, September 17, 2020

 


Kegiatan pembiasaan di sekolah pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas.

Dalam rangka menumbuhkan pembiasaan perilaku positif, SMA Negeri 1 Bojonegoro sangatlah peduli dengan pendidikan yang tidak hanya mengutamakan teori (convensional learning). Namun, berusaha terus untuk mengembangkan pendidikan yang bisa membentuk karakter peserta didik (learning process). Dengan memberikan pendidikan karakter diharapkan peserta didik akan bisa memiliki karakter baik dan akan dijadikan basic dalam kehidupanya.

Pembiasaaan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bojonegoro salah satunya program jumat bersih adalah kegiatan kerja bakti bersih - bersih lingkungan sekolah yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat. Kegiatan jum'at bersih ini melibatkan seluruh warga sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah supaya tetap bersih dan sehat.  Selama pelaksanaan kegiatan jum'at bersih, seluruh warga sekolah tetap mematuhi standar protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 (Jaga jarak, pakai masker, dan selesai cuci tangan sampai bersih).

Kegiatan jumat bersih banyak memberikan faedah baik untuk lingkungan sekolah maupun seluruh warga sekolah. Dalam suatu  lingkungan sekolah selain ruang belajar, bangunan dan sarana prasarana lainnya sebagai faktor keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar, kebersihan lingkungan sekolah tidak dapat dipandang sebelah mata, karena kebersihan juga sebagai faktor penentu proses transfer keilmuan dalam kegiatan belajar mengajar.

Menjaga lingkungan sekolah tetap bersih merupakan hal yang sangat penting dan ini merupakan tanggung jawab semuanya. Tentu saja dengan lingkungan kondisi sekolah yang bersih akan membuat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah akan menyenangkan. Program kegiatan jum'at bersih yang dicanangkan SMA Negeri 1 Bojonegoro dan pelaksanaanya sebelum masuk awal pelajaran ini untuk membentuk karakter insan yang selalu peduli lingkungan, juga menjadikan insan yang sehat, cerdas, produktif, dan bertanggung jawab.





SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger