Home » » Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Bojonegoro Periode 2021/2022 Digelar Secara Online

Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Bojonegoro Periode 2021/2022 Digelar Secara Online

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Kamis, 09 September 2021

 

SMA Negeri 1 Bojonegoro memiliki cara untuk memperkenalkan dan mendekatkan peserta didik pada demokrasi. Salah satunya dengan menggelar pemili­han Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengan model pemilihan umum. 

Sesuai dengan program kerja OSIS Sie V (Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial Dalam Konteks Masyarakat Plural) SMA Negeri 1 Bojonegoro periode 2020/2021 hari ini menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS dan MPK Periode 2021/2022, Kamis [9/9/2021]

Pemilihan Ketua OSIS dan MPK masuk dalam program tahunan sekolah dan digelar setiap tahunnya. Penyelenggaraan kegiatan pemilihan Ketua OSIS dan MPK adapun teknis pelaksanaanya tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Mengingat sekolah saat ini sedang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di tengah ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa dan Bali masih diperpanjang hingga 13 September 2021. 


Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat saat ini secara nyata dimanfaatkan oleh pelajar SMA Negeri 1 Bojonegoro guna mensukseskan perayaan pesta demokrasi sekolah acara Pemilihan Ketua OSiS dan MPK Periode 2021/2022 mereka gelar secara online. Tentunya acara tersebut digelar dengan memperhatikan dan mematuhi seluruh aturan standar operasional protokol (SOP) kesehatan Covid-19.

Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro beliau bapak Sumarmin, M.Pd ditengah pembukaan acara Pemilihan Ketua OSIS dan MPK Periode 2021/2022 yang ditayangkan secara live dalam sambutannya beliau berpesan bahwa "pandai-pandailah dalam memilih siswa yang menjadi calon ketua OSIS dan MPK periode mendatang benar-benar menjadi fasilitator (jembatan) program sekolah agar tersampaikan ke seluruh siswa dengan baik. Apapun organisasi yang ada di sekolah ini hanya satu dalam rangka untuk mencapai tujuan sekolah dan tujuan sekolah itu hanya ada di visi dan misi sekolah"

Sebelum tahapan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS dan MPK Periode 2021/2022 secara online dimulai, terlebih dahulu dari masing - masing calon untuk 4 calon ketua OSIS dan 4 calon ketua MPK diminta untuk memberikan orasi sekaligus penyampaian visi dan misi dari masing - masing kandidat di depan seluruh warga sekolah baik yang hadir di sekolah maupun yang ada dirumah. Karena acara tersebut ditayangkan secara live dan dirayakan dalam bentuk daring dan luring.



Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, beliau bapak Aris Yuliantono, M.Pd mendukung sepenuhnya inovasi yang dilakukan oleh para siswa. Proses tersebut akan dievaluasi dan dimungkinkan untuk digelar kembali untuk digunakan dalam pemilihan selanjutnya. Sebab lebih efektif dan efisien serta hemat waktu. Meski baru dua kali cara ini digunakan dalam pemilihan ketua OSIS dan MPK secara online, namun seluruh rangkian acara berlangsung baik dan sukses dengan tetap memperhatikan dan mematuhi SOP Kesehatan Covid-19. 

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger