Home » , » Review Kurikulum Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025

Review Kurikulum Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Selasa, 09 Juli 2024

Review Kurikulum Satuan Pendidikan
SMA Negeri 1 Bojonegoro
Tahun Ajaran 2024/2025

Bojonegoro, Senin 8 Juli 2024 - Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan perkembangan zaman dengan terbitnya Permendikbudristek RI No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah kurikulum merdeka resmi menjadi kurikulum nasional, SMA Negeri 1 Bojonegoro berlokasi di jalan Panglima Sudirman 28 Bojonegoro bertempat di Aula Pertemuan Lantai 2 SMAN 1 Bojonegoro, telah dilaksanakan kegiatan Review Kurikulum Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari program sekolah agenda rutin setiap tahun ajaran baru untuk memastikan kurikulum yang digunakan dapat memenuhi kebutuhan siswa serta sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan.


Pembukaan dan Sambutan
Acara Review Kurikulum Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Bojonegoro dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro - Tuban, beliau bapak Hidayat Rahman, S.Pd, M.M. Dalam sambutannya, bapak Hidayat Rahman, S.Pd, M.M menekankan pentingnya kegiatan review kurikulum satuan pendidikan sebagai langkah strategis untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

"Kurikulum adalah inti dari proses pendidikan. Dengan melakukan review secara berkala, sekolah dapat memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan perkembangan teknologi, kebutuhan pasar kerja, dan tuntutan global. Kegiatan review kurikulum satuan pendidikan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, serta perwakilan dari orang tua siswa." ujarnya 

"IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient) adalah tiga dimensi penting yang berkontribusi terhadap perkembangan individu secara holistik. Masing-masing memiliki peran yang berbeda namun saling melengkapi dalam membentuk seseorang menjadi pribadi yang utuh dan berdaya saing" ujar beliau dalam sambutannya. 


"Identifikasi kelemahan dan kekuatan pada rapor pendidikan SMAN 1 Bojonegoro: sekolah harus melaksanakan evaluasi diri bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta mampu benahi kelemahan yang ada pada rapor pendidikan SMAN 1 Bojonegoro sebegai dasar untuk membuat perencanaan program sekolah ke depannya (1 tahun RKT/RKAS dan 4 tahun RKJM). Analisis ini mencakup aspek Standar Nasional Pendidikan (SNP) terdiri dari 8 (delapan) standar, yaitu: (i) Standar Kompetensi Lulusan; (ii) Standar Isi; (iii) Standar Proses; (iv) Standar Penilaian Pendidikan; (v) Standar Tenaga Kependidikan; (vi) Standar Sarana dan Prasarana; (vii) Standar Pengelolaan; dan (viii) Standar Pembiayaan" ujar beliau bapak Sumarmin, M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro dalam sambutannya.


Penutup dan Harapan
Kegiatan review kurikulum satuan pendidikan yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Bojonegoro diharapkan dapat terus menghasilkan perubahan positif dalam sistem pendidikan di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro , Bapak Dr Agus Huda, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat rutin dilakukan setiap tahun untuk menjaga relevansi dan kualitas kurikulum di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

"Kami berharap, hasil dari review ini dapat segera diimplementasikan dan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Dengan adanya review kurikulum satuan pendidikan ini, diharapkan sistem pendidikan di SMA Negeri 1 Bojonegoro dapat terus berkembang dan mampu membentuk insan yang berakhlak mulia, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berdaya saing global serta berbudaya lingkungan sesuai visi dan misi SMA Negeri 1 Bojonegoro", ujar beliau 

Yel-Yel Semangat
Review Kurikulum Satuan Pendidikan
SMA Negeri 1 Bojonegoro
Tahun Ajaran 2024/2025

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger