Home » » [SMA Jaringan] Berbagi dan Belajar Bersama Dalam Pendidikan Jarak Jauh

[SMA Jaringan] Berbagi dan Belajar Bersama Dalam Pendidikan Jarak Jauh

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Thursday, September 20, 2018


Pada jaman sekarang paradigma bahwa belajar harus di kelas, langsung berhadapan dengan guru kelihatannya harus kita buang jauh-jauh. Ternyata pada era sekarang dengan kemajuan teknologi yang hampir setiap saat berkembang lebih maju dari sebelumnya hal tersebut dapat kita tinggalkan. Belajar pada era sekarang dapat dilakukan di mana saja tanpa terhalang oleh waktu dan tempat, dan situasi. Belajar dapat dilakukan di rumah, di taman, atau di manapun berada dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

SMA Jaringan adalah sebuah jejaring sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi menggunakan aplikasi berbasis web yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang mana tujuannya untuk :
  1. Pemerataan peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Jawa Timur melalui pemanfaatan teknologi informasi (digital learning) di era revolusi industi 4.0
  2. Wadah dialog antar sekolah negeri, swasta dan bidang PSMA serta para stake holder untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Povinsi Jawa Timur di era revolusi industri 4.0
  3. Mengajak semua pihak untuk bekolaborasi dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia melalui inovasi di dunia pendidikan.
Program SMA Jaringan yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini masih tahap rintisan, meresmikan 114 sekolah induk dan setiap sekolah induk nantinya membawahi lima sampai sepeluh sekolah jaringan. Sasarannya adalah SMA Negeri dan Swasta di wilayah Propinsi Jawa Timur. Program SMA Jaringan telah diresmikan  oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dr. Saiful Rachman, MM, MPd) pada tanggal 9 Agustus 2018 bertempat Sabha Nugraha Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.  

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman, MM, MPd sebelum peresmian program SMA Jaringan menyampaikan, "kegiatan SMA Jaringan ini nantinya harapanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jawa Timur, wadah dialog antar sekolah negeri, swasta dan bidang PSMA serta para stake holder untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Povinsi Jawa Timur, Memudahkan dalam monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA Negeri dan Swasta di provinsi Jawa Timur, dan dapat memudahkan dalam monitoring pembelajaran di sekolah-sekolah guna peningkatan Mutu Lulusan SMA di Provinsi Jawa Timur dan dapat masuk perguruan tinggi terbaik. SMA jaringan akan menghubungkan sekolah-sekolah yang ditunjuk dalam proses pembelajarannya maupun saat ulangan di sekolah. Dengan demikian, sekolah-sekolah yang berada di bawah sekolah induk akan memiliki standar soal dalam ulangan yang sama dengan sekolah induk. “Jadi guru harus serius dalam memahami proses pembelajaran di sekolah induk. Termasuk latihan-latihan soal yang dilakukan antara sekolah induk dengan sekolah di bawahnya. Dengan begitu pemerataan mutu pendidikan juga akan terjadi akselerasi,”


Terlihat para peserta didik kelas 12 SMAN 1 Bojonegoro antusias mengikuti pembelajaran jarak jauh SMA Jaringan (via teleconfrence). menyimak materi 'Cerdik Metematika Siap UN dan SBMPTN' yang dipaparkan oleh pemateri bapak Suharyono, S.Pd, M,Pd (Guru Matematika SMA Negeri 5 Surabaya) dalam pertemuan pembelajaran jarak jauh SMA Jaringan pada hari ini (20/09/2018).

Berikut beberapa video hasil pembelajaran jarak jauh program SMA Jaringan yang sudah dilaksanakan :

SMA Jaringan 'Pola Berfikir Fisika Siap UN dan SBMPTN'

SMA Jaringan 'SML Rahasia Biologi Siap UN dan SBMPTN'

SMA Jaringan 'SML Explore Your Competence English'

SMA Jaringan 'Aji Ajar Bahasa Indonesia Siap UN dan USBN'

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger