Home » » Taman Kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro Dapat Kunjungan Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Taman Kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro Dapat Kunjungan Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Sabtu, 17 November 2018


Kali ini taman Kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro dapat kunjungan terhormat dari Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI beliau adalah bapak Drs. Sumarno, M.Ed dan ibu Elis Ristyorini, M,Pd dari SMA Taruna Nala Malang. Dalam kunjungannya, beliau berdua diterima baik oleh ibu Dra. Sri Setyowati, M,Pd (Kepala SMAN 1 Bojonegoro) didampingi dua wakaseknya. Rasa senang dan menarik yang disampaikan beliau berdua dalam kunjungannya di taman kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro dan beliau berikan apresiasi kepada SMAN 1 Bojonegoro sebagai sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang baru-baru ini, SMA Negeri 1 Bojonegoro telah ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional oleh Kementerian Llingkungan Hidup RI.

Drs. Sumarno, M.Ed Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan
ibu Elis Ristyorini, M,Pd dari SMA Taruna Nala Malang

Taman Kreatifitas merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di halaman belakang SMAN 1 Bojonegoro yang dikembangkan sebagai area taman dan sarana edukasi ruang luar bagi siswa sekolah. Sebuah taman yang memiliki salah satu fungsi healing secara arsitektural yakni taman yang di desain secara fungsional dan estetis. Taman Kreatifitas terbagi atas zona-zona seperti zona taman estetika, edukasi, produktif, dan vertikal dengan teknologi sederhana. 

Zona taman estetika, pertama taman kreatifitas menampilkan estetika berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, pohon peneduh dan manfaat perolehan pangan dari tanaman obat, sayur dan buah. kedua menampilkan bangunan gasibo, air mancur, dan kolam ikan yang dapat menunjang keindahan eksterior taman, ketiga menampilkan  lampu penerang dengan sumber tenaga ramah lingkungan (solar cell), dan bank sampah (pengelolaan sampah dijadikan kompos) yang tata kelolanya ditata dengan baik dan rapi.

 

Zona taman edukasi, taman sebagai sarana edukasi. Kegiatan pembelajaran outdoor learning process dapat dilaksanakan di taman, yaitu memanfaatkan taman sebagai media untuk memahami karakter tumbuhan dan bangunan gasibo selain memberikan keindahan eksterior taman bisa dimanfaatkan juga untuk kegiatan pembelajaran outdoor learning process memberiikan alternatif dan variasi pembelajaran supaya tidak monoton di ruang kelas. 

Zona taman  produktif, sebuah taman yang menyediakan tanaman pangan dari tanaman obat keluarga (Toga), sayur dan buah. Wujudnya dikembangkan secara horisontal dan vertikal. Vertical garden by hydroponic system salah satu wujud pengembangan tanaman secara vertikal di taman kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger