Home » » Ucapan Terima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Mendukung dan Melaksanakan Program SMA Rujukan di SMAN 1 Bojonegoro

Ucapan Terima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Mendukung dan Melaksanakan Program SMA Rujukan di SMAN 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Monday, November 26, 2018

 
Endang Sriwigati,, M.Pd
Wakasek Bid Kurikulum
(Penanggung Jawab Program [PJP]
SMA Rujukan 2016 - 2018)
SMA Negeri 1 Bojonegoro
SMA Negeri 1 Bojonegoro sebagai SMA Rujukan adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP), mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik bidang akademik maupun non akademik, serta melaksankan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan SMA lain.

Artinya sebagai sekolah rujukan. SMA Negeri 1 Bojonegoro telah memenuhi standar mutu yang dapat menunjukan keunggulan, praktik baik, keunikan dan prestasi seingga dapat dijadikan rujukan khususnya oleh sekolah disekitarnya atau di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Adapun Standar Nasional Pendidikan (SNP) meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pengelolaan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Penilaian dan Standar Pembiayaan. 

Tahun 2016 adalah tahun pertama bagi SMA Negeri 1 Bojonegoro ditunjuk dan dipercaya oleh Direktorat Pendidikan Dasar Menengah sebagai SMA Rujukan. Dimana pada tahun anggaran 2016 telah ditetapkan 614 SMA Negeri dan Swasta sebagai SMA Rujukan yang tersebar di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi. Sebelumnya SMA Negeri 1 Bojonegoro pada tahun 2006 ditunjuk dan dipercaya oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai sekolah Rintisan SMA bertaraf Internasional sebagai manifestasi Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang mengamanatkan bahwa setiap kabupaten/kota sekurang-kurangnya ada satu sekolah bertaraf Internasional untuk setiap jenjang Pendidikan.

Perjalanan SMA Negeri 1 Bojonegoro sebegai SMA Rujukan dari tahun ke tahun menunjukan prestasi yang gemilang. Hal ini tidak lepas dari bantuan Pemerintah SMA Rujukan dari tahun 2016 hingga akhir bantuan Pemerintah SMA Rujukan di tahun 2018 yang sudah diberikan. Seluruh program SMA Rujukan telah selesai sepenuhnya dijalankan dengan sangat baik.

Tahapan implementasi SMA Rujukan yang berlangsung selama 3 tahun dan yang telah selesai dilaksanakan meliputi : Tahapan Penataan yaitu kegiatan yang dilakukan antara lain persiapan, penyusunan program, konsolidasi, sosialisasi, asistensi dan sinkronisasi. Tahapan Pemantapan adalah pemantapan keterlaksanaan program kerja, bertukar pengalaman dengan sesame SMA Rujukan untuk menemukan praktik-praktik yang baik, menjalin kemitraan dengan berbagai instansi, melakukan inovasi dan kreasi keunggulan sekolah, serta melakukan pengimbasan praktik-praktik baik yang dimiliki sekolah kepada sekolah lain disekitarnya. Tahapan Kemandirian, sebagai SMA Rujukan SMA Negeri 1 Bojonegoro telah mandiri menjadi SMA yang telah memenuhi seluruh komponen Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan memiliki keunggulan sekolah dan mampu mengembangkan budaya mutu. SMA Rujukan yang sudah dirintis dan difasilitasi telah menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional, dapat dijadikan rujukan, dan siap membimbing SMA-SMA di sekitarnya dalam pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan pengembangan program keunggulan sekolah.

Akhirnya kepada semua pihak, disampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya  atas apresiasi dan partisipasinya yang telah terlibat dan membantu dalam pelaksanaan seluruh program SMA Rujukan menjadikan SMA Negeri 1 Bojonegoro dapat membentuk insan yang berakhlak mulia, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berdaya saing global serta berbudaya lingkungan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada :
  1. Drs. Purwadi Sutanto, M.Si (Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
  2. Drs. Sumarno, M.Ed (Tim Teknis Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
  3. Dr. Ir. Eko Warisdiono, MM (Kasubdit Kurikulum  Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
  4. Sri Sulastri,, S.Pd (Staff Subdit Kurikulum  Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
  5. Elis Ristyorini, M,Pd (SMA Taruna Nala Malang - Monev SMA Rujukan Ditunjuk Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
  6. Dr. Ninik Kristiani, M.Pd (Best Practice Pengembang dan Implementasi UKBM) 
  7. Bambang Tri Atmidi (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perpindungan Anak)
  8. Tety Sulastri (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perpindungan Anak)
  9. Boedi Prijo Soeprajitno, SH, M.Si (Kepala Badan Perwakilan Wilayah (BAPWERWIL) Bojonegoro) 
  10. Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur)
  11. Drs. Sumiarso, M.Si (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)
  12. Drs. Nurali, M.Pd (Pengawas Pembina Dikmen SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  Wilayah Kabupaten Bojonegoro)
  13. Suyoto, M.Si (Bupati Pemerintah Kabupaten Bojonegoro)
  14. Hj. Mahfudhoh Suyoto, M.Si (Istri Bupati Pemerintah Kabupaten Bojonegoro)
  15. Drs. Hanafi, MM (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro)
  16. Dra. Nurul Azizah , MM (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro)
  17. Dra. Sri Setyowati, M.Pd (Kepala SMAN 1 Bojonegoro)
  18. H. Mujib, S.Pd, MM (SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi)
  19. Dra. Sriyati, M.Pd (Bendahara Program SMA Rujukan SMAN 1 Bojonegoro)
  20. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  21. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
  22. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro
  23. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
  24. Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro
  25. Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro
  26. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro
  27. Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro
  28. Polres Bojonegoro
  29. Kodim 0813 Bojonegoro
  30. Sekolah - Sekolah Pengimbasan SMA Rujukan
  31. Desa Binaan  SMA Negeri 1 Bojonegoro
  32. Komite SMA Negeri 1 Bojonegoro
  33. Seluruh Tenaga Pendidikan dan Kependidikan SMA Negeri 1 Bojonegoro
  34. Seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Bojonegoro

Bojonegoro,  20 November 2018

 
Penanggung Jawab Program [PJP] 
SMA Rujukan 2016 - 2018
SMA Negeri 1 Bojonegoro




Endang Sriwigati, M.Pd

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger