Home » » Sosialisasi Pendampingan Sekolah Binaan Calon Sekolah Adiwiyata'

Sosialisasi Pendampingan Sekolah Binaan Calon Sekolah Adiwiyata'

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Monday, August 19, 2019


Upaya SMAN 1 Bojonegoro menargetkan untuk meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri tengah dipersiapkan dengan baik dan mendapatkan dukungan dari segenap warga sekolah. 

Banyak manfaat yang akan diperoleh sekolah dalam mengikuti program Adiwiyata yang digulirkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam sambutannya diacara 'Sosialisasi Pendampingan Sekolah Binaan Calon Sekolah Adiwiyata', Ibu Dra. Sri Setyowati, M,Pd (Kepala SMAN 1 Bojonegoro) yang tengah didampingi 3 wakaseknya menyampaikan bahwasannya dengan mengikuti program Adiwiyata sekolah ini bisa menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman dan kondusif selama proses pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, dengan harapan dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam segala bentuk upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pelestarian Lingkungan Hidup. Selasa (20/8/2019)


Acara sosialisasi pendampingan sekolah binaan calon sekolah Adiwiyata yang diikuti oleh 7 sekolah binaan diantaranya ada SMAN 1 Bubulan, SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Kedungaden, SMAN 1 Dander, SMK Pancasila, SMAN 4 Bojonegoro dan SD IT Insan Permata Bojonegoro mendapatkan materi langsung dari pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, dan Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro.

Usai pemberian  sambutan pembukaan yang disampaikan oleh kepala SMAN 1 Bojonegoro, acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Mewujudkan Sekolah Yang Bersih dan Sehat bebas Sampah yang disampaikan oleh pemateri pertama dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro beliau ibu iin ( selaku Humas) dan bapak Muh Hanif (selaku kabid).


Pemateri kedua di acara sosialisasi pendampingan sekolah binaan calon sekolah Adiwiyata dari Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro beliau bapak Zaenal Ikhsan , S.Kom dan ibu NInik Srihandayani, M.Pd menyampaikan materi tentang tata cara pengisian makroexcell persiapan adiwiyata sekolah tingkat kabupaten.

Di acara bimbingan pengisian makro excell ini hanya disampaikan untuk sekolah binaan bapak/ibu guru yang ditunjuk oleh sekolahnya masing-masing. Sementara untuk siswanya perwakilan dari masing-masing sekolah binaan diarahkan dan dipandu untuk melihat berbagai fasilitas belajar di lingkungan SMAN 1 Bojonegoro yang ramah lingkungan.

Dipandu oleh tim adiwiyata sekolah dan beberapa peserta didik SMAN 1 Bojonegoro yang tergabung dalam kader lingkungan kelompok kerja (Pokja) diantaranya ada pokja green house, pokja mini zoo, pokja gasebo, poja sanitasi, poja biopori, pokja kamar mandi dan pokja bank sampah, siswa siswi dari sekolah binaan diperkenalkan lingkungan disekitar SMAN 1 Bojonegoro diantaranya ada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), biopori dan sumur resapan, green house, ruang pameran karya siswa/siswa SMAN 1 Bojonegoro, ruang kesenian dan pengelolaan sampah serta pembuatan pupuk kompos.

 Pokja Sanitasi Tentang Ipal




 Pokja Green House

Pokja Pengelolaan Sampah

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger