Home » » Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Kamis, 07 November 2019


Bojonegoro - Kamis, [7/11/2019] Pagi pukul 10.00 wib bertempat di ruang TRRC lantai 2 SMA Negeri 1 Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun Pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan penilaian kinerja kepala sekolah periode 4 tahunan ini dalam rangka untuk peningkatan kualitas SMA Negeri 1 Bojonegoro sehingga dapat menjadikan sekolah yang lebih bermutu dan berpredikat, maka diperlukan kepala sekolah yang profesional. Dengan demikian untuk kepala sekolah yang profesional maka diperlukan penilaian kinerja kepala sekolah.

Penilaian kinerja kepala sekolah ini merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Adapun Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang hadir pada pagi hari ini di SMA Negeri 1 Bojonegoro, beliau adalah

Bapak Jaswadi,S.Pd (Kasubag Layanan Administrasi Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)

Bapak Drs. Agus Huda, M.Pd (Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)

Bapak Drs.Teguh Supriyadi, MM (Pengawas Pembina SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)

Prinsip penilaian kinerja kepala sekolah yang sudah dilaksanakan ini berpedoman pada Permendiknas No.20 Tahun 2007 tentang standar penilaian dan Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang standar kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah diantaranya : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Rangkaian pelaksanan kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro dikemas secara formal, acara diisi dengan diawali pembukaan dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari ibu kepala SMAN 1 Bojonegoro dan dari Tim Penilai PKKS. 

Disampaikan oleh Tim Penilai PKKS (Drs. Teguh Surpriyadi, MM) dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan  PKKS ini yang dinilai kepala sekolah. Kinerja kepala sekolah merupakan representasi dari kinerja sekolah yang representasinya semua sumber daya yang ada di sekolah dalam melaksanakan tugas sebagai upaya mewujudkan tujuan sekolah.

Kinerja sekolah diperoleh dari keseluruhan kinerja sumber daya sekolah yang saling terkait, yaitu kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan komite.

Selesai memberikan sambutan tim penialai langsung melanjutkan penilaian (action)  dengan menggunakan metode studi dokumen / portofolio dan wawancara oleh tim penilai.





Terlihat tim penilai sedang melaksanakan wawancara dan studi dokumen / portofolio kepada bapak/ibu guru yang bertanggung jawab di masing-masing area (kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi sosial)

Adapun hasil evaluasi penilaian kinerja kepala sekolah yang telah selesai dilaksanakan  pada siang hari ini  disampaikan oleh beliau bapak Drs. Agus Huda, Mpd selaku Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro. Beliau mengapresiasi setinggi - tingginya atas semangat dari bapak/ ibu seluruh warga sekolah yang sudah menyiapkan dokumentasi / portofolio sebagai bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah dengan sangat lengkap.


Penilaian kinerja kepala sekolah hari ini adalah representasi hasil kerja yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Hasil kerja tersebut merupakan refleksi dari kompetensi yang dimilikinya

Hasil penilaian kinerja kepala sekolah yang telah disampaikan oleh Tim penilai dengan hasil  memenuhi kriteria sangat baik yang tertuang dalam instrumen disambut gembira oleh segenap warga sekolah.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger