Home » » Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2019/2020

Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2019/2020

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Selasa, 03 Desember 2019


SMA Negeri 1 Bojonegoro hari ini menyelenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Semester berbasis Computer Based Test (CBT) yang pelaksanaanya akan berlangsung selama 8 hari kedepan dan sudah dimulai sejak hari senin kemarin tanggal 2 s.d. 11 Desember 2019 dengan pelaksanaan 1 sesi dilaksanakan secara serentak. 

Penilaian akhir semester adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik selama kurang lebih satu semester yang dilaksanakan di akhir semester. 

Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer adalah ujian yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Dengan Computer Based Test sekolah dapat melakukan dengan cara yang lebih modern, mudah, aman, tepat waktu, cepat, dan jauh lebih hemat dibandingkan ujian yang diselenggarakan dengan cara yang konvensional.

Karakteristik dari tes ini sama dengan tes konvensional yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas. baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Sehingga Guru Mata Pelajaran dapat melihat hasil Penilaian Akhir Semester secara langsung setelah Penilaian Akhir Semester  dilaksanakan  dengan adanya CBT (Computer Based Test) ini. Tugas guru diharapkan lebih ringan, tidak perlu lagi mengoreksi hasil penilaian peserta didik.

Adapun teknis pelaksanaan Penilaian Akhir Semester berbasis Computer Based Test (CBT) ini yakni peserta didik membawa laptop/notebook untuk mengakses dan mengerjakan soalnya. Sedangkan peserta didik yang tidak membawa atau tidak memiliki laptop/notebook, sekolah memfasilitasi dengan komputer yang ada di ruang laboratorium komputer. 

Banyak kelebihan dan manfaat dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester berbasis Computer Based Test (CBT) ini, diantaranya :

1. Ujian dapat berlangsung dimana saja selama ada perangkat yang terkoneksi ke server Ujian.

2. Soal diacak otomatis oleh sistem sehingga tiap peserta tidak ada yang sama soal ujiannya, sehingga mengurangi kesempatan peserta ujian untuk melakukan kecurangan

3. Hasil Ujian dapat langsung diketahui setelah selesai ujian

4. Guru dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengoreksi dan memberi nilai lagi pada ujian

5. Bisa menghemat pengeluaran untuk biaya kertas karena tidak perlu mencetak soal ujian dan lembar jawaban komputer (LJK)

6.  Peserta ujian tidak perlu membawa alat tulis, rautan, dan papan alas

7. Memiliki timer setiap soalnya dan tepat waktu

8. Lebih aman, tak perlu repot memisahkan lembar jawaban dari lembar soal ataupun khawatir kertas lembar jawabannya rusak

9. Tidak perlu mengulang ujian jika ada masalah listrik, cukup login kembali dan soal akan melanjut ke kondisi terakhir jika komputer bermasalah

Tujuan dilaksanakan penilaian akhir semester diharapkan dapat memberikan umpan balik mengenai kemajuan belajar peserta didik dalam kaitannya dengan kompetensi-kompetensinya selama proses belajar-mengajar, dan memberikan informasi kepada para guru dan orang tua mengenai capaian kompetensi peserta didik.

Kegiatan penilaian akhir semester berbasis Computer Based Test (CBT) yang diikuti oleh 845 peserta ujian dari peserta didik kelas 10, 11 dan 12 hari ini berjalan dengan tertib dan lancar

Briefing Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro Pemberian Arahan dan Teknis Kepengawasan Penilaian Akhir Semester (PAS)

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer di Dalam Kelas

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer di Laboratorium Komputer

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer di Laboratorium Komputer

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger