Home » » Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Tuesday, November 17, 2020

 

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMAN 1 Bojonegoro

Bojonegoro - Selasa, [17/11/2020] Pagi pukul 08.00 wib bertempat di ruang pertemuan lantai 2 SMA Negeri 1 Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun Pelajaran 2020/2021. Penilaian kinerja kepala sekolah yang dilaksanakan setiap tahun ini sesuai amanat Permendikbud No.6 Tahun 2018.

Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Adapun Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro yang hadir dan bertugas pada pagi hari ini di SMA Negeri 1 Bojonegoro, beliau adalah
  1. Bapak Jaswadi,S.Pd, MM (Kasubag Layanan Administrasi Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)
  2. Bapak Dr. Agus Huda, M.Pd (Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)
  3. Bapak Fachrul Anam (Staf Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro)
Rangkaian pelaksanan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMAN 1 Bojonegoro dikemas secara formal, acara diisi dengan diawali pembukaan dilanjutkan dengan beberapa sambutan dimula dari kepala SMAN 1 Bojonegoro dan berkutnya dari perwakilan Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Sambutan Dr. Agus Huda, M.Pd (Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro) Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMAN 1 Bojonegoro

Disampaikan oleh perwakilan Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro (Dr Agus Huda, M.Pd) dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan  Penilai Kinerja Kepala Sekolah ini sebagai bentuk pembinaan untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dilaksanakan setiap tahun sesuai amanat Permendikbud No.6 Tahun 2018 pasal 12 ayat 5.   

Prinsip penilaian kinerja kepala sekolah yang sudah dilaksanakan ini sesuai amanat Permendikbud No.6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah dan menekankan bahwa beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dan sosial

Kinerja kepala sekolah merupakan representasi dari kinerja sekolah yang representasinya semua sumber daya yang ada di sekolah dalam melaksanakan tugas sebagai upaya mewujudkan tujuan sekolah. Kinerja sekolah diperoleh dari keseluruhan kinerja sumber daya sekolah yang saling terkait, yaitu kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan komite.

Selesai memberikan sambutan tim penilai langsung melanjutkan penilaian (action) dengan menggunakan metode studi dokumen / portofolio dan wawancara.




Terlihat tim penilai sedang melaksanakan wawancara dan studi dokumen / portofolio kepada bapak/ibu guru yang bertanggung jawab di masing-masing area (kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi sosial)

Adapun hasil evaluasi penilaian kinerja kepala sekolah yang telah selesai dilaksanakan pada hari ini  disampaikan oleh beliau bapak Dr. Agus Huda, M.Pd. Beliau mengapresiasi semangat dari bapak / ibu guru dan tenaga kependidikan yang sudah menyiapkan dokumen / portofolio sebagai bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah dengan baik di tengah pandemi Covid-19.

Penilaian kinerja kepala sekolah hari ini adalah representasi hasil kerja yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Hasil kerja tersebut merupakan refleksi dari kompetensi yang dimilikinya

Hasil penilaian kinerja kepala sekolah yang telah disampaikan oleh Tim penilai dengan hasil  memenuhi kriteria sangat baik yang tertuang dalam instrumen disambut gembira oleh segenap warga sekolah.

[Lampiran SuratTugas Tim Penilai Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMAN 1 Bojonegoro]

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger