Home » , » Peserta Didik SMAN 1 Bojonegoro Ikut Giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Peserta Didik SMAN 1 Bojonegoro Ikut Giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Rabu, 22 September 2021

 


Sebanyak 700 (tujuh ratus) peserta didik SMA Negeri 1 Bojonegoro hari ini telah mengikuti giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi, Rabu (22/9/2021). 

Kegiatan giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dapat terlaksana dengan baik berkat hasil rekomendasi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. 

Apakah UKBI itu?
UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan.
[Sumber Referensi : https://ukbi.kemdikbud.go.id/]

Apa yang diujikan dalam UKBI?
UKBI menguji kemahiran seseorang dalam memahami dengaran dan bacaan serta kemahiran seseorang untuk menulis dan berbicara. Selain itu, UKBI juga menguji pemahaman seseorang dalam penerapan kaidah bahasa Indonesia. [Sumber Referensi : https://ukbi.kemdikbud.go.id/]

Siapa yang dapat menjadi peserta UKBI?
Setiap penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing, dapat menjadi peserta UKBI. [Sumber Referensi : https://ukbi.kemdikbud.go.id/]

Apa yang diperoleh peserta setelah menempuh UKBI?
Peserta akan memperoleh laporan hasil uji berupa sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[Sumber Referensi : https://ukbi.kemdikbud.go.id/]




SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger