Home » » Workshop Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro

Workshop Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Wednesday, September 15, 2021

Penilaian autentik adalah kegiatan menilai peserta didik yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai, baik proses maupun hasil dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada di Standar Kompetensi (SK) atau Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) (Kunandar,2013:35-36).

Bojonegoro - Kamis (16/9/2021) siang pukul 12.30 WIB bertempat di Laboratorium Komputer Lantai 3 SMA Negeri 1 Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan workshop yang diperuntukan para guru yakni "Workshop Implementasi Penilaian autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro" yang diselenggarakan pada tanggal 16 - 17 September 2021. Workshop dilaksanakan dari pukul 12.30 sampai 15.30 WIB yang dibuka oleh Kepala SMAN 1 Bojonegoro Bapak Sumarmin, M.Pd dan dihadiri para guru yang diundang sebagai perwakilan masing-masing guru pengampu mata pelajaran di sekolah.

Tujuan diselenggarakan kegiatan workshop ini adalah memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada para guru serta peningkatan profesionalisme guru melalui peningkatan kemampuan penilaian autentik sesuai dengan mata pelajarannya dalam penerapannya pada kurikulum 2013. Penyelenggaraan kegiatan workshop ini juga dalam rangka digunakan untuk mengikuti kegiatan diklat calon kepala sekolah oleh beliau Bapak H. Abdul Jalil, M.Pd (Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMAN 1 Bojonegoro).

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah memberikan legitimasi bagi peningkatan profesionalisme seorang kepala sekolah ataupun calon kepala sekolah. dijelaskan bahwa seorang guru yang telah dinyatakan lulus seleksi calon kepala sekolah diharuskan mengikuti pendidikan dan pelatihan sebagai kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. 

Bertindak sebagai narasumber 1 pada kegiatan "Workshop Implementasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro" adalah bapak Dr. Agus Huda, M.Pd (Pengawas Pembina SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro) dan sebagai narasumber 2 beliau Bapak Mas Edy Masrur, S.Pd (Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 1 Bojonegoro).

Berikut Beberapa Foto Dokumentasi Kegiatan Workshop Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro:


Video Pembukaan Kegiatan Workshop Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro oleh Kepala Sekolah

Sambutan Ketua Panitia Pelaksanaan Kegiatan Workshop Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro oleh Bapak H. Abdul Jalil, M.Pd (Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah) 

Narasumber 2 Kegiatan Workshop Implementasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bagi Guru Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bojonegoro oleh Bapak Mas Edy Masrur, S.Pd (Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 1 Bojonegoro)


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger