Home » , » Peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 di SMAN 1 Bojonegoro

Peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 di SMAN 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Kamis, 25 November 2021


Hari ini, Kamis 25 November 2021, merupakan peringatan Hari Guru Nasional bersama Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Peringatan Hari Guru Nasional ini diperingati sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada guru, pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Menyambut Hari Guru Nasional Tahun 2021 seluruh siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Bojonegoro bersama OSIS / MPK memberikan persembahan karya terbaiknya sebagai kado spesial di hari guru untuk seluruh dewan guru dengan mengadakan serangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Tahun ini, peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di SMA Negeri 1 Bojonegoro mengangkat tema "Sparta spirit is our cause sparta is our house" yang berarti Sparta sebuah nama angkatan dari siswa yang akan lulus di tahun 2021/2022 semangatku ada disini, tempatku pulang dirumah.

Di awali dengan acara kedatangan guru masuk gerbang sekolah, satu persatu kedatangan guru masuk sekolah disambut baik oleh siswa yang sejak awal sudah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan guru dengan memberi karangan bunga mawar dan ucapan Selamat Hari Guru. 

Kegiatan apel pagi yang sudah dipersiapkan untuk memeriahkan Hari Guru Nasional dimulai pukul 06.30 wib. Berbeda dengan hari guru tahun lalu, kegiatan hari guru tahun ini berlangsung sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan acara. Kegiatan apel diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan sebagian siswa yang masuk pagi hari ini mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Bapak Sumarmin, M.Pd selaku Kepala SMAN 1 Bojonegoro menyampaikan "Hari ini tanggal 25 November 2021 diperingati Hari Guru. Hari Guru di seluruh dunia diperingati tetapi bukan tanggal 25 November. Di Indonesia Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Maka dari itu jangan beranggapan tanggal 25 November merupakan Hari Guru di seluruh dunia. Pengajar bukan merupakan guru, tetapi guru pasti merupakan pengajar. Pengajar adalah seseorang yang hanya mengajarkan ilmunya saja. Akan tetapi guru itu adalah seorang pendidik. maka sebutan lain guru itu adalah tenaga pendidik. Tugas pendidik jauh lebih berat dibandingkan dengan seorang pengajar. Pendidik itu menyampaikan ilmu pengetahuan kepada orang lain yang tidak lain adalah siswa, juga menyampaikan nilai-nilai sikap, perilaku, bagaimana harus bersikap dan berperilaku pada teman sebaya, kepada orang tua dan guru......."    

Video sambutan kepala SMAN 1 Bojonegoro kegiatan apel pagi peringatan Hari Guru Nasional 2021

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 4 orang guru atas capaian prestasinya sudah meraih juara hingga mengantarkan siswa lolos dan juara dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN). Dalam peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 Kepala SMAN 1 Bojonegoro memberikan penghargaan kepada Bapak Zaenal Ikhsan, S.Kom pengampu mata pelajaran Teknologi Informatika atas prestasinya berhasil meraih juara dalam GTK Creative Camp (GCC) Batch2 Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Bapak Drs. Dwi Agung, M.Pd pengampu mata pelajaran Ekonomi berhasil mendidik, membimbing dan mengantarkan salah satu siswa terbaik SMAN 1 Bojonegoro atas nama Farryzki Noor Thoriq meraih medali perak dalam ajang Kompetisi Sains Nasional, dan berikutnya Bapak Drs. Agung Prawito pengampu mata pelajaran Fisika berhasil mendidik, membimbing dan mengantarkan salah satu siswa terbaik SMAN 1 Bojonegoro atas nama Charles Putra H lolos dalam ajang Kompetisi Sains Nasional.

       

Selesai pemberian penghargaan kepada guru berprestasi, berikutnya giat Hari Guru dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan menabuh gong oleh beliau Bapak Sumarmin, M.Pd Kepala SMAN 1 Bojonegoro menandai acara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di SMAN 1 Bojonegoro secara resmi dibuka dan dimulai. Persembahan karya terbaik dari siswa/siswi kelas 12 kado spesial untuk para guru di peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 ditampilkan. 


Persembahan karya terbaik dari siswa/siswi kelas 12 kado spesial untuk para guru di peringatan 
Hari Guru Nasional Tahun 2021
   

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger