Home » , » Majalah Sekolah 'Ganesa' SMAN 1 Bojonegoro Edisi Desember 2021

Majalah Sekolah 'Ganesa' SMAN 1 Bojonegoro Edisi Desember 2021

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Friday, January 14, 2022

Anggota Redaksi Majalah Ganesa SMAN 1 Bojonegoro

Majalah sekolah adalah majalah yang diterbitkan dan dikelola oleh sekolah. Keberadaan majalah sekolah sangat penting sebagai media penampung karya siswa sekaligus sebagai media komunikasi. Majalah sekolah bersifat informatif, edukatif, dan rekreatif. Sebagai media yang bersifat informatif dan edukatif, majalah sekolah juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sebagai media pembelajaran.

Majalah sekolah tidak bisa dilepaskan dari ekstrakurikuler jurnalistik. Dalam ekstrakurikuler jurnalistik, salah satu output yang dihasilkan adalah majalah sekolah. Meski demikian, sekolah yang tidak memiliki ekstrakurikuler jurnalistik juga bisa menerbitkan majalah sekolah.

Masa pandemi covid-19, tidak menjadi penghalang Tim Redaksi Majalah Sekolah Ganesa SMAN 1 Bojonegoro untuk berkarya dan berkreasi dalam hal berliterasi menulis. Tim Redaksi Majalah Ganesa bulan Desember 2021 kembali menghasilkan kreasi hasil karyanya berupa majalah sekolah. Majalah sekolah ini diberi nama “Ganesa”. Dibawah naungan Kesiswaan OSIS sie-6 bidang pembinaan kreatifitas, ketrampilan, dan kewirausahaan Majalah sekolah Ganesa terbit rutin setiap 1 (satu) tahun sekali.

Pada dasarnya masyarakat membutuhkan berita. Termasuk civitas sekolah. Para siswa pasti butuh informasi yang terkait dengan dunia mereka. Karena itu, perlu media untuk menyampaikan informasi tersebut. Produknya bisa berupa majalah sekolah, buletin sekolah, ataupun majalah dinding (mading).

Nah, media tersebut menjadi penyampai informasi atau berita yang dibutuhkan para siswa. Manfaat lainnya, majalah sekolah bisa menjadi ajang untuk belajar bagi para anggota redaksinya. Tentu saja untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Dengan menjadi anggota redaksi, para siswa bisa belajar menjadi seorang wartawan atau penyampai berita yang baik. Sebab, semuanya dikerjakan oleh mereka sendiri. Mereka dapat mengekspresikan gagasan dan perasaan yang dituangkan dalam tulisan atau berita pada majalah sekolah tersebut.

Di sisi lain, media sekolah itu bisa mengemas informasi pendidikan yang bermanfaat bagi para siswa dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Informasi pendidikan tersebut juga bisa didapat lewat media internet, kliping berita surat kabar ataupun majalah, dan lain-lain. Manfaat lainnya adalah entertainment (hiburan). Seperti diketahui, para pelajar tentu akan senang jika majalah sekolahnya bisa mengerti mereka. Misalnya, mengemas informasi tentang bidang akademik, prestasi, dan lain lain yang dilengkapi dengan ilustrasi atau gambar serta desain yang menarik. Dengan demikian, majalah sekolah tidak membosankan dan diharapkan meningkatkan minat belajar siswa dengan cara yang kreatif.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger