Home » » Kegiatan Pondok Ramadhan di SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun 2022

Kegiatan Pondok Ramadhan di SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun 2022

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Sabtu, 23 April 2022


Dalam rangka menyemarakan bulan suci Ramadhan dan upaya meningkatkan kualitas ibadah peserta didik di tengah pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Bojonegoro mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan. Kamis (21/04/2022). Pondok ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan sekolah yang bersifat intra kurikuler yang dilaksanakan dalam setiap bulan Ramadhan. Kegiatan pondok ramadhan di sekolah dikemas dengan berbagai macam kegiatan yang bersifat pengembangan karakter dan penumbuhan motivasi. 

Kegiatan Pondok Ramadhan di SMA Negeri 1 Bojonegoro sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat tahun ini dilaksanakan selama 4 hari kedepan, yakni dimulai tanggal 21 s.d 27 April 2022. Dimulai dari kelompok putri pelaksanaan pondok ramadhan yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 21 dan 22 April. Sedangkan kelompok putra pelaksanaan pondok ramadhan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 April mendatang

Kegiatan pondok ramadhan tahun ini diikuti dari peserta didik kelas 10 dan kelas 11. Kegiatan pondok ramadhan diawali dengan apel pembukaan dan selaku pembina apel sekaligus pembuka kegiatan pondok ramadhan oleh beliau bapak Sumarmin, M.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro).



Maraknya radikalisme dan pengaruh media sosial yang memiliki dampak negatif sangat memprihatinkan pemerintah. Oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan PP tentang pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menitik beratkan lima nilai utama, diantaranya :

a. Karakter Religius

Hubungan interpersonal antara manusia dengan Tuhan nya, Bentuk penerapannya: bagaimana kita sebagai manusia sebagai makhluk harus menjalankan perintahNya, bagaimana kita sebagai manusia sebagai makhluk harus menjauhi laranganNya, dan melaksanakan aturan - aturan yang sudah ditentukan oleh agama.

b. Karakter Nasionalis

Rasa kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa dan negara Indonesia dengan mentaati segala aturan undang-undang dan dasar negara, 

c. Karakter Mandiri

Mau belajar sungguh - sungguh, bekerja keras, dan berani mengambil keputusan tanpa menggantungkan pada orang lain.

d. Karakter Gotong Royong

Bekerja sama dengan penuh rasa kekeluargaan. Kerjasama dalam hal baik dan positif.

e. Karakter Integritas

Rasa untuk senantiasa menjaga satu kesatuan sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga martabat negara, peningkatan rasa satu kesatuan atas dasar karena kita menempati wilayah negara yang sama, bahasa yang sama, tujuan yang sama, dan cita - cita yang sama.





Momentum bulan Ramadhan tentunya tidak ingin dilewatkan oleh setiap orang untuk bisa berbagi. Hal ini dapat dilihat dari para peserta didik SMAN 1 Bojonegoro yang turut terlibat berbagi dalam kegiatan pembayaran zakat. Kegiatan pengumpulan zakat ini dikoordinir melalui OSIS SMAN 1 Bojonegoro, pengumpulan zakat dari siswa kelas 10 dan kelas 11. 

Pembagian zakat telah dibagikan pada hari jumat tanggal 22 April 2022. Sebanyak 65 paket bantuan zakat telah dibagikan kepada warga miskin di desa binaan SMAN 1 Bojonegoro di dusun Kwangen Rejo, Desa Leran Kecamatan Kalitidu dan sebagian paket bantuan zakat dibagikan kepada warga miskin di sekitar sekolah dan diberikan melalui perwakilan ketua RT. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai bentuk kepedulian dalam membantu meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 dan kenaikan harga-harga barang melambung tinggi seperti ini pasti masyarakat sekitar banyak yang membutuhkan. 



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger