Home » » Peringatan Malam Nuzulul Qur'an di SMAN 1 Bojonegoro Tahun 2022

Peringatan Malam Nuzulul Qur'an di SMAN 1 Bojonegoro Tahun 2022

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Selasa, 26 April 2022


Nuzulul Quran adalah waktu turunya Al-Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar.

Namun begitu, Nuzulul Quran sering diperingati pada malam 17 Ramadhan, sementara umum diketahui bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman, إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr 1-5)

Dalam rangka menyambut malam Nuzulul Qur'an dan menutup rangkaian pelaksanaan kegiatan pondok Ramadhan di sekolah, OSIS/MPK bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMA Negeri 1 Bojonegoro mengadakan kajian ilmu dan pemberian santunan kepada siswa/siswi yatim piatu dan dhuafa di SMAN 1 Bojonegoro. Sebanyak 39 siswa mendapatkan bantuan santunan dari infaq dan sedekah yang dihimpun dari warga sekolah.  Semoga Allah SWT senantiasa membalas semua amal kebaikan dari semuanya dengan sebaik-baiknya balasan.

Kegiatan menyambut malam Nuzulul Qur'an adalah program tahunan sekolah yang dilaksanakan secara rutin melalui program kerja OSIS sie- 1 (Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) SMA Negeri 1 Bojonegoro.

 







SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger