Home » , » Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Pertama Masuk Sekolah Dirangkai Dengan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Pertama Masuk Sekolah Dirangkai Dengan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Senin, 18 Juli 2022


Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Pertama Masuk Sekolah Dirangkai Dengan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Bojonegoro- Senin, [18/07/2022] pukul 06.30 wib SMA Negeri 1 Bojonegoro resmi awal masuk sekolah tahun pelajaran 2022/2023. Terlihat peserta didik baru berjalan memasuki gerbang dan halaman sekolah, berjabat tangan dengan bapak/ibu guru yang sejak awal sudah siap menyambut kehadiran para peserta didik baru dan perwakilan dari wali murid peserta didik baru.

Kegiatan hari pertama masuk sekolah di SMAN 1 Bojonegoro sebelum pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dimulai, diawali dengan pelaksanaan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru, perwakilan wali murid peserta didik baru, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka hari pertama masuk sekolah ini dirangkai dengan acara serah terima peserta didik baru dari wali murid peserta didik baru ke lembaga sekolah yakni SMAN 1 Bojonegoro untuk mendapatkan layanan pendidikan terbaik di SMAN 1 Bojonegoro, dan untuk menuntut ilmu sesuai dengan kemampuan terbaiknya sebagai bekal peserta didik mempersiapkan hidup di masa mendatang. 

Bertindak selaku pembina upacara bendera sekaligus membuka kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah tahun pelajaran 2022/2023 pada pagi hari ini beliau adalah bapak Sumarmin, M.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro). 


Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya hari ini peserta didik baru akan mulai mendapatkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama 4 hari kedapan yaitu dimulai tanggal 18-21 Juli 2022. Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dimulai dari pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 12.30 wib. Dalam masa pengenalan lingkungan sekolah ini peserta didik baru akan mendapatkan pembinaan dan bimbingan kedepan tentang pengenalan lingkungan sekolah yang akan dibimbing dan dibina dari beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya diantaranya baik dari bapak/ibu dewan guru, sekolah bekerja sama dengan instansi Dinas Kesahatan Kabupaten Bojonegoro, Polres Bojonegoro dan Kodim 0813 Bojonegoro. Berikutnya selama mengikuti rangkaian kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) secara legal formal sudah menjadi siswa atau peserta didik SMAN 1 Bojonegoro. Dengan demikian seluruh atribut sekolah asal harus dilepas dan melebur menjadi satu sebagai siswa atau peserta didik SMAN 1 Bojonegoro. 

Beliau turut berpesan kepada seluruh siswa atau peserta didik baru yang hadir pada kegiatan upacara bendera di kegiatan hari pertama masuk sekolah ini bahwasanya SMAN 1 Bojonegoro merupakan sekolah terbaik dan tertua di Kabupaten Bojonegoro dan ada beberapa tradisi yang baik dan harus dijaga serta sudah menjadi budaya di sekolah yaitu budaya tradisi siswa berprestasi untuk terus dipertahankan. 

Adapun tema pelaksanaan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) adalah “Mengembangkan potensi karakter siswa untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”

Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) sendiri memiliki beberapa tujuan yaitu mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.  



Usai pelaksanaan upacara bendera dan acara serah terima peserta didik baru, maka secara resmi peserta didik baru menjadi keluarga besar SMAN 1 Bojonegoro. Selanjutnya peserta didik baru mendapatkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang pelaksanaanya sendiri mengacu pada aturan Permendikbud RI No. 18 Tahun 2016 yakni tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. 

Berikut foto dokumentasi hari pertama kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMAN 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023 :


Penyampaian materi dari narasumber Polres Bojonegoro


Penyampaian materi wawasan wiyata mandala 

Penyampaian materi tata tertib sekolah

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger