Home » , » Upacara Bendera Hari Senin [25/7/2022] di SMAN 1 Bojonegoro

Upacara Bendera Hari Senin [25/7/2022] di SMAN 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Selasa, 26 Juli 2022


Senin, [25/7/2022] Pagi hari ini pukul 06.30 wib bertempat di lapangan SMA Negeri 1 Bojonegoro telah dilaksanakan kegiatan upacara bendera. Kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan secara rutin tiap hari senin dan diikuti oleh seluruh warga sekolah berjalan dengan baik dan khidmat. Seluruh peserta upacara mengikuti upacara dengan tertib, barisan tersusun rapi dan petugas upacara telah melaksanakan tugasnya masing-masing dengan sangat baik. 

Bertindak selaku pembina upacara bendera pada pagi hari ini adalah Kepala SMAN 1 Bojonegoro beliau Bapak Sumarmin, M.Pd. Adapun amanat pembina upacara bendera pagi hari ini ada beberapa poin penting yang beliau sampaikan di depan seluruh peserta upacara, diantaranya :

1. Pelaksanaan upacara bendera pagi hari ini diikuti oleh seluruh siswa SMAN 1 Bojonegoro dengan tertib dan baik. Sebelumnya pada pelaksanaan upacara bendera minggu lalu hanya diikuti oleh siswa dari kelas 10. Sedangkan siswa dari kelas 11 dan 12 di awal masuk sekolah mengikuti kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang diselenggarakan oleh sekolah bekerja sama dengan Kodim 0813 Bojonegoro. Latihan yang diberikan berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), peraturan penghormatan dan dasar-dasar kedisiplinan

2. Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dalam minggu ini waktu untuk pembelajaran masih dibatasi 30 menit per jam nya. Sehingga pelaksanaan pembelajaran berakhir pada pukul 13.30 wib. Sedangkan kegiatan pembelajaran untuk minggu berikutnya waktunya sudah mulai normal kembali yaitu 45 menit per jam nya dan pelaksanaan pembelajarannya akan berakhir kurang lebih pukul 15.30 wib         

3. Mulai tahun ajaran 2022/2023 ada sedikit perbedaan dalam penerapan kurikulum. Di kelas 10 pembelajaran menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Sedangkan di kelas 11 dan 12 pembelajaran masih menggunakan kurikulum lama yaitu kurikulum 2013

4. SMAN 1 Bojonegoro saat ini menggunakan sistem pembelajaran sistem kredit semester (SKS). Dalam sistem SKS, lamanya waktu belajar tergantung pada masing-masing siswa, mau cepat atau lambat dalam menyelesaikan pembelajaran sekolah. Jika siswa disiplin dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dan mampu menyelesaikan pelajaran dengan mengambil jumlah SKS banyak, mka siswa tersebut bisa menyelesaikan seluruh mata pelajaran selama 2 tahun (4 semester). Tetapi, bagi siswa yang lambat diberikan waktu untuk menyelesaikan seluruh mata pelajaran selama 4 tahun (8 semester)  

5. Seluruh ruang kelas sudah selesai diperbaiki dan terlihat baru kembali. Tugas kita bersama untuk menjaga lingkungan kelas dan sekitar untuk tetap bersih. Tentu saja dengan lingkungan sekolah yang bersih akan membuat pelaksanaan kegiatan pembelajaran jadi nyaman dan budaya prestasi bisa terus diraih.

Foto Desta Kurnia Putra kelas XII MIPA 2 bersama Kepala SMAN 1 Bojonegoro 
Bapak Sumarmin, M.Pd

Usai pelaksanaan upacara bendera dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari sekolah untuk siswa berprestasi yang baru meraih penghargaan di ajang perlombaan tingkat nasional. Salah satu siswa terbaik SMAN 1 Bojonegoro atas nama Desta Kurnia Putra kelas XII MIPA 2 telah berhasil meraih Juara 1 Olimpiade Kebumian dan Kegeografian Tingkat SMA di Univeritas Muhammadiyah Purwokerto Jawa Tengah dan Juara 2 Kebumian Geosphere Competition 2022 di Universitas Pendidikan Ganesha Bali.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger