Home » » Kejari Bojonegoro Memberikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Kepada Siswa SMAN 1 Bojonegoro Melalui Program Jaksa Masuk Sekolah

Kejari Bojonegoro Memberikan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Kepada Siswa SMAN 1 Bojonegoro Melalui Program Jaksa Masuk Sekolah

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Senin, 14 November 2022

"Program Jaksa Masuk Sekolah Tahun 2022" di SMAN 1 Bojonegoro

Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro menyelenggarakan Penyuluhan dan Penerangan Hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah.

Jaksa Masuk Sekolah adalah program untuk mengedukasi siswa dengan memberikan penyuluhan dan penerangan hukum agar siswa dapat mengenali hukum sejak dini. Tujuannya, menciptakan generasi taat akan hukum.

Program ini, bertujuan agar siswa siswi khususya anak dalam usia SMA/SMK/MA dapat memahami hukum, khususnya perilaku bahaya kenakalan remaja bagi peserta didik. Pemahaman tambahan terkait materi hukum dari salah satu lembaga hukum. Lembaga itu adalah kejaksaan, merupakan lembaga yang melaksanakan khusus di bidang penuntutan atas sebuah keadilan dalam persidangan.

Senin, 14 November 2022 SMAN 1 Bojonegoro mendapat kunjungan dari Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro. Bertempat di aula pertemuan lantai 2 sebanyak 80 siswa kelas 12 mendapatkan kesempatan belajar tentang hukum melalui program jaksa masuk sekolah dari Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro. 

Kegiatan yang dimulai pagi pukul 09.00 wib ini berlangsung seru. Para siswa antusias mengikuti rangkaian acara penyuluhan dan penerangan hukum dari Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro dengan dua narasumber Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bojonegoro Bapak Reza Aditya Wardana bersama Ibu Yan Octha Indriana, SH., MH (Jaksa Fungsional Kejari Bojonegoro). Hadir dalam acara tersebut juga dihadiri dari perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro dan kepala SMAN 1 Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Bojonegoro Bapak Sumarmin, M.Pd mengaku senang mendapat kunjungan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro.  Kegiatan yang bertajuk 'Jaksa Masuk Sekolah' ini bisa menjadi pengetahuan dan pengalaman bagi siswa SMAN 1 Bojonegoro, agar siswa dapat mengenali hukum sejak dini. harapannya siswa SMAN 1 Bojonegoro menjadi generasi taat akan hukum.

Sambutan Kepala SMAN 1 Bojonegoro Bapak Sumarmin, M.Pd

Inti dalam penyuluhan ini menjelaskan tentang tugas dan wewenang kejaksaan Republik Indonesia, dengan memberi pemahaman kepada masyarakat secara umum tentang hukum. Hal ini bertujuan supaya masyarakat khususnya siswa siswi SMA/SMK/MA sadar hukum. Selain itu menjelaskan tentang bentuk-bentuk tindak pidana maupun perdata yang sering terjadi pada usia siswa SMA/SMK/MA. Seperti kekerasan, tawuran antar pelajar, pelanggaran lalu lintas, kasus obat-obatan terlarang, perjudian, pencabulan, dan perzinaan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusias, ada sesi tanya jawab, dan doorprise. Harapan dari kegiatan ini, khususnya siswa siswi SMAN 1 Bojonegoro lebih sadar akan hukum. Pengetahuan hukum ini, akan menambah wawasan bagi siswa siswi untuk patuh dan taat terhadap hukum. Pahami hukum, dan jauhi hukuman. 

 
Antusias siswa SMAN 1 Bojonegoro mengikuti kegiatan program 'Jaksa Masuk Sekolah' siswa atas nama Johan Felix Kelas 12 MIPA 2 mengajukan 3 pertanyaan kepada narasumber

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bojonegoro Bapak Reza Aditya Wardana bersama Ibu Yan Octha Indriana, SH., MH (Jaksa Fungsional Kejari Bojonegoro) sebagai narasumber dalam kegiatan 'Jaksa Masuk Sekolah' menjawab satu persatu pertanyaan dari siswa

  


SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger