Home » » GEDOR Goes To School - Gerakan Download dan Registrasi Kepesertaan JKN secara Online

GEDOR Goes To School - Gerakan Download dan Registrasi Kepesertaan JKN secara Online

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Senin, 06 Maret 2023


Guna mengoptimalkan pelaksanaan Program JKN-KIS dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan kantor Cabang Bojonegoro bekerja sama dengan SMAN 1 Bojonegoro menggelar kegiatan bertajuk "GEDOR Goes To School" dalam rangka edukasi Gerakan Download dan Registrasi Kepesertaan JKN secara Online kepada sejumlah pelajar siswa kelas 12 SMAN 1 Bojonegoro, Senin (6/3/2023).

Kegiatan yang dimulai pukul 2 siang ini berlangsung seru. Para siswa antusias serius mengikuti paparan dari tim BPJS Kesehatan kantor Cabang Bojonegoro yang beranggotakan 7 orang dari awal acara hingga akhir kegiatan dengan baik. Apalagi, kegiatan ini dikemas serius tetapi juga santai selain mendapatkan edukasi seputar program JKN-KIS, para siswa dapat melakukan pengecekan data status kepesertaan JKN termasuk seluruh anggota keluarganya melalui Gerakan Download dan Registrasi Kepesertaan JKN secara Online yang disingkat GEDOR dan diakhir acara ada pembagian cukup banyak door prise untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.


Tampak hadir dalam acara tersebut wakil kepala sekolah bidang Humas SMAN 1 Bojonegoro Ibu Husnul Chotimah, S.Pd, M.Pd, siswa/siswi kelas 12 dan Ibu Vivien Novariana selaku koordinator frintliner beserta Tim BPJS Kesehatan kantor Cabang Bojonegoro. 

Ibu Vivien Novariana selaku koordinator frintliner BPJS Kesehatan kantor Cabang Bojonegoro memberikan edukasi seputar program JKN-KIS

Apa itu JKN-KIS ?

Dalam paparannya ibu Vivien Novariana menjelaskan bahwa Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (disingkat JKN-KIS) merupakan jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan oleh Pemerintah. Ada 3 alasan utama menjadi peserta JKN-KIS, yaitu Protection (Perlindungan), Sharing (Gotong Royong) dan Compliance (Kepatuhan). 

Protection (Perlindungan)
Program JKN-KIS bertujuan memberikan perlindungan kepada setiap peserta program JKN-KIS untuk mendapatkan kepastian jaminan kesehatan sehingga diharapkan masyarakat bisa meningkat produktifitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan. Protection merupakan perlindungan baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain. 

“Saya sekeluarga akan terlindungi kalau sakit, terutama sakit berbiaya mahal”

Sharing (Gotong royong)
Sharing mempunyai makna gotong royong yang merupakan budaya bangsa Indonesia. Dengan menjadi menjadi peserta Program JKN-KIS, maka setiap peserta yang sehat akan bergotong royong membantu peserta yang sakit. Apabila taat membayar iuran tepat waktu dan menjaga kesehatan, maka dalam diri tiap-tiap orang tertanam rasa kepedulian terhadap sesama terutama yang mendapat musibah berupa sakit. “Saya sekeluarga dapat membantu yang sakit jika saya tetap sehat”

Cmpliance (Patuh)
Compliance adalah adanya kepatuhan dari setiap Warga Negara Indonesia terhadap perundangundangan untuk mendaftarkan dirinya dan anggota keluarga menjadi peserta Program JKN-KIS serta mengikuti prosedur pelayanan kesehatan yang berlaku.

“Saya sekeluarga dapat membantu yang sakit jika saya tetap sehat”
“Saya sekeluarga taat sebagai warga negara yang menjalankan kewajiban sesuai UndangUndang Nomor 40 Tahun 2004”

Dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan Aplikasi Mobile JKN yang mana aplikasi tersebut memberikan informasi menu layanan fasilitas kesehatan diantaranya melakukan pendaftaran online untuk mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun rujukan, informasi ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit, informasi jadwal operasi, jenis obat yang ditanggung, konsultasi kesehatan serta fitur-fitur lainnya yang bermanfaat bagi peserta JKN-KIS.

Agar menambah informasi atau wawasan yang lengkap terkait cakupan kesehatan JKN-KIS, seluruh siswa mengunduh aplikasi mobile JKN melalui gadgetnya masing-masing dan dipandu langsung oleh tim dari BPJS Kesehatan.

Tim BPJS Kesehatan membantu proses unduh dan pasang aplikasi JKN di gadget milik siswa

Di penghujung acara kegiatan setelah siswa/siswi mendapatkan wawasan terkait cakupan kesehatan JKN-KIS dan aplikasi mobile JKN oleh tim BPJS Kesehatan harapannya tidak berhenti sampai acara selesai saja. Namun siswa bisa membantu masyarakat di lingkungan sekitarnya memberikan pemahaman  bagi masyarakat yang belum tahu dan paham akan program JKN-KIS. Program strategis pemerintah yang baik dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia dan memiliki dampak besar bagi masyarakat , khususnya yang miskin dan tidak mampu.  

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger