Home » » Peringati Hari Sungai Nasional Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro Bersama Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro Tuangkan 150 Liter Eco Enzyme di Sungai

Peringati Hari Sungai Nasional Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro Bersama Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro Tuangkan 150 Liter Eco Enzyme di Sungai

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Minggu, 30 Juli 2023

Foto Bersama Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro Bersama Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro
di Jalan Dr Sutomo Kelurahan Kepatihan Kecamatan Bojonegoro

Dalam rangka memperingati hari sungai nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Juli, Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro bersama Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro bergabung dengan sekolah-sekolah lain di Bojonegoro Kota melakukan purifikasi sungai di jalan Dr Sutomo Kelurahan Kepatihan Kecamatan Bojonegoro dengan menuangkan 150 liter Eco Enzyme ke badan air yang dilaksanakan serentak pagi hari ini, Minggu (30/7/2023). Kegiatan tuang eco enzyme bersama di sungai ini dipimpin langsung oleh ibu Latifah selaku Ketua Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro didampingi bapak Suko H Widodo pegiat eco enzyme dan pecinta lingkungan Bojonegoro.

Dalam sambutannya bapak Suko H Widodo sebelum pelaksanaan penuangan cairan Eco enzyme di sungai menjelaskan eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah sampah organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula aren, gula merah, atau gula tebu), dan air. Cairan Eco Enzyme ini ditemukan oleh Rousan orang berkewarganegaraan Thailand dengan penelitiannya hampir selama 20 tahun, fungsi utamanya adalah untuk merawat bumi.

Bisa dikatakan eco enzyme ini cairan sejuta manfaat, yakni untuk merawat air sungai dengan cara dituangkan, untuk merawat udara dengan disemprotkan,  untuk merawat tanaman dengan disiramkan, untuk merawat binatang dengan terapi disemprotkan, untuk membersihkan lantai,cuci alat dapur, piring dan masih banyak manfaatnya (catatan tidak untuk diminum).

Ciri ciri Eco-enzyme yang baik adalah warnanya coklat gelap dan memiliki bau khas fermentasi asam manis yang kuat. Cara pembuatannya sangat mudah dengan perbandingan, 1 liter tetes gula tebu, 3 kg kulit buah dan limbah sayur dapur dan 10 liter air bersih dan diflementasikan selama minimal 3 bulan.

“Program ini dapat menjadi sebuah upaya untuk mengolah sampah yang ada di TPA yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan bumi bersih dan lebih sehat. Selain itu juga kegiatan ini perlu didukung supaya sungai dapat menjadi bersih. Kalau setiap keluarga di Bojonegoro membuat cairan Eco Enzyme ini sudah akan mengurangi berapa ton sampah, dan bukan hanya memindahkan sampah." tegas nya. 

Berikut foto dokumentasi kegiatan Peringati Hari Sungai Nasional Tahun 2023 Tim Adiwiyata SMAN 1 Bojonegoro Bersama Komunitas Eco Enzyme Bojonegoro Tuangkan 150 Liter Eco Enzyme di Sungai yang terletak di jalan Dr Sutomo Kelurahan Kepatihan Kecamatan Bojonegoro.



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger