Home » » Dies Natalis ke-75 SMAN 1 Bojonegoro "dari SMASA untuk Bangsa"

Dies Natalis ke-75 SMAN 1 Bojonegoro "dari SMASA untuk Bangsa"

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Senin, 28 Agustus 2023

Kepala SMAN 1 Bojonegoro Memberikan Potongan Tumpeng Kepada Koordinator Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro sebagai rasa syukur 75 tahun SMASA Sudah Mengabdi Untuk Negeri

Dimensi Profil Pancasila dalam Dies Natalis SMASA

SMAN 1 Bojonegoro tahun ini tepat berusia 75 tahun. Menandai hari lahirnya, sekolah yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 28, Bojonegoro, ini menyelenggarakan Dies Natalis Ke-75 pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Beragam kegiatan dilaksanakan, mulai doa bersama, bakti sosial, jalan santai, tasyakuran, pentas seni, hingga festival band.


Perayaan ini menjadi salah satu pengamalan dimensi Pancasila dalam diri siswa, orang tua siswa, guru, karyawan, dan alumninya. Dimensi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, misalnya, tampak pada kegiatan doa bersama yang dilaksanakan setelah salat Jumat, 25 Agustus 2023. Semua warga sekolah bermunajat di masjid sekolah sebagai bentuk rasa syukur seraya mendoakan kemajuan sekolah. Selain itu, para siswa juga membagikan nasi bungkus sepanjang rute jalan sehat pada Sabtu, 26 Agustus 2023. “Dalam acara ini juga diberikan santunan kepada 10 anak yatim/piatu,” ujar Kepala SMAN 1 Bojonegoro bapak Sumarmin, M.Pd.

Santunan kepada 10 anak yatim/piatu

Serah terima kunci bedah rumah dalam program SMASA Peduli Sosial

Sementara itu, dimensi gotong royong tampak pada kolaborasi di antara semua pihak yang terlibat. Selain dari sponsor, donasi juga mengalir dari alumni, orang tua murid, guru, dan karyawan. Semua bersama-sama mendanai dan melaksanakan kegiatan ini. “Ada yang menyumbang uang tunai, hadiah-hadiah jalan santai dari hadiah hiburan sampai hadiah utama, serta fasilitas acara seperti tenda dan konsumsi,” terangnya.

Kepala SMAN 1 Bojonegoro memberikan potongan tumpeng kepada alumni ibu Nurul (Sekda Bojonegoro) sebagai rasa syukur 75 Th SMASA sudah mengabdi untuk negeri  

 
Beliau menambahkan, dimensi kreatif terlihat pada penampilan para siswa dalam gelar seni tradisional dan modern. Perayaan ini menjadi ajang para siswa menampilkan minat dan bakatnya dalam seni tari tradisional, modern dance, karawitan, dan band. Selain performance untuk menghibur tamu, anak-anak juga menyelenggarakan festival band antar siswa. Selain jalan santai dan pentas seni, para siswa juga mengadakan bazar dengan satu tema yang sama, yaitu Toy Story. Semua stan bazar dihias secara kreatif dengan beragam menu makanan dan minuman.


Sedangkan dimensi mandiri tampak pada kemandirian para pengurus OSIS dan MPK SMAN 1 Bojonegoro sebagai panitianya. Mereka mempersiapkan acara ini sejak satu bulan yang lalu. Mereka pula yang mendesain konsep hingga mengeksekusi program hingga berlangsung dengan sukses. “Anak-anak juga belajar mandiri dalam menjalin kerja sama dengan sponsor,” terang bapak Sumarmin.








SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger