Home » » Kegiatan Jumat Qolbu SMAN 1 Bojonegoro di Awal Tahun Ajaran Baru 2023/2024

Kegiatan Jumat Qolbu SMAN 1 Bojonegoro di Awal Tahun Ajaran Baru 2023/2024

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Friday, August 11, 2023


Jum'at, [11/08/2023] pagi pukul 06.30 wib, SMA Negeri 1 Bojonegoro di awal tahun ajaran baru 2023/2024 kembali melaksanakan kegiatan Jumat Qolbu. Program Jumat Qolbu merupakan program kerja OSIS Sie 1 (Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) SMAN 1 Bojonegoro yang mana pelaksanaan kegiatan Jumat Qolbu ini sebelum pembelajaran pertama dimulai. Adapun yang hadir dalam kegiatan Jumat Qolbu ini seluruh warga sekolah yang beragama Islam untuk mengikuti pengajian siraman rohani dalam program Jumat Qolbu di halaman SMA Negeri 1 Bojonegoro. 



Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro bapak Sumarmin, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, 

"Hari ini adalah hari jumat pertama jumat qolbu di tahun 2023/2024, oleh karena itu pelaksanaan pada hari ini merupakan tonggak atau momen yang bersejarah di tahun ajaran ini. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini selalu terus ditingkatkan agar pemahaman siswa diluarnya kegiatan belajar mengajar tentang keagamaan walaupun waktu nya sangat singkat bisa diperoleh ditempat ini. Karena siswa sekolah di SMAN 1 Bojonegoro tujuan utamanya bukan menjadi orang pintar. Nomor 1 adalah menjadi orang yang baik. Apalagi di kurikulum merdeka rule nya sistem pendidikan nasional kita itu adalah kalian menjadi siswa yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Salah satu dimensi yang harus ditempuh tidak lain dan tidak bukan serta tidak boleh ditinggal adalah iman dan taqwa serta memiliki akhlak mulia. Sarana inilah yang digunakan oleh sekolah salah satunya untuk meningkatkan akhlak mulia warga SMAN 1 Bojonegoro tidak hanya siswanya saja tapi juga termasuk bapak/ibu guru. Jadi kalau siswa dituntut memiliki Profil Pelajar Pancasila, maka kepala sekolah dan bapak/ibu guru dituntut menjadi guru yang memiliki Profil Pancasila. Oleh karena itu kita bersama-sama untuk mewujudkan impian tujuan sekolah yang merupakan tujuan pendidikan nasional yaitu menjadi orang-orang yang baik."          

Rangkaian Jumat Qolbu pertama diawali dengan berwudhu kemudian dilanjutkan membentuk shaf yang mengatur jamaah putra dan putri duduk secara terpisah dengan jamaah putra berada di sebelah kanan dan putri berada di sebelah kiri. Setelah seluruh jamaah shaf tersusun rapi berikutnya adalah secara bersama-sama membaca ayat suci alquran surat Al-Mulk. Selanjutnya materi pembinaan mental spitual diberikan oleh ustadz M. Ansorul Hakim, S.PdI berupa tausiah agama. Selesai acara pengajian Jumat Qalbu, kegiatan dilanjutkan dengan pembelajaran yang berjalan seperti jadual biasanya di hari Jumat.

Ustadz M. Ansorul Hakim, S.PdI (Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bojonegoro)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger