Home » » Komunitas Bergerak 4 Twelve PEPC Zona 12 Gelar Kampanye Edukasi Kenal Migas di SMAN 1 Bojonegoro

Komunitas Bergerak 4 Twelve PEPC Zona 12 Gelar Kampanye Edukasi Kenal Migas di SMAN 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Jumat, 23 Februari 2024


Pengelola ladang gas Jambaran-Tiung Biru (JTB), PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 kembali menyelenggarakan Kampanye Edukasi Kenal Migas di lingkungan sekolah. Kegiatan Kenal Migas ini merupakan hasil kolaborasi antar fungsi di lingkungan PEPC Zona 12 yang diinisiasi oleh komunitas bergerak 4 Twelve sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula pertemuan lantai 2 SMAN 1 Bojonegoro, Jawa Timur, pada Kamis (23/2/2024) ini diikuti oleh 100 peserta didik kelas 12 beserta perwakilan guru pengajar sekolah.

Dalam sambutannya, Manajemen PEPC Zona 12, Juristiawan Fitriansyah mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan nilai positif bagi para peserta didik. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta didik dapat memahami tentang dunia minyak dan gas bumi (migas) di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Sehingga mereka semakin sadar akan peran industri ini dan kontribusinya dalam mendukung kebutuhan energi.

“Semoga adik-adik disini menjadi paham akan proses di industri hulu migas, apalagi di Bojonegoro yang memiliki kekayaan migas yang cukup besar,” katanya.

Di saat kampanye edukasi kenal migas memberikan pemahaman tentang dunia minyak dan gas bumi (migas) ini ternyata lumayan banyak alumni dari SMAN 1 Bojonegoro yang bergabung dalam PEPC Zonar 12 diantaranya :
  1. Muhammad Rachma Indradewa Aly (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 1 Tahun 2019)
  2. Frisizta YudhaIqma Widakdo (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 1 Tahun 2019)
  3. Frinko (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 1 Tahun 2019)
  4. Anggy Auliya Azahrah (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 2 Tahun 2019)
  5. Esa Yunita Putri (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 3 Tahun 2019)
  6. Rahmat Aminudin Rosyid (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 5 Tahun 2019)
  7. Muhammad Nur Insan Kamil (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 5 Tahun 2019)
  8. Teddy Burhan 'Adli Rnanti (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 1 Tahun 2018)
  9. Mei Ardian Nur Sinanto (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 5 Tahun 2018)
  10. Moh Ribchan Nadhif (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 6 Tahun 2018)
  11. Mohammad Igzya Syahputra (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 6 Tahun 2018)
  12. Husain Abdul Qadir Alaydrus (Alumni SMAN 1 Bojonegoro - IPA 4 Tahun 2017)
  13. Eko Yulian Sumarno - (Alumni SMAN 1 Bojonegoro Tahun 1998) 

Salah satu peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Bojonegoro, Briyan Nanda Ivansyach mengaku, sangat gembira dapat mengikuti kegiatan Kenal Migas PEPC Zona 12 ini. Menurutnya dirinya baru pertama kali mengikuti sebuah kegiatan tentang industri migas. Dengan kegiatan ini jadi mengetahui bagaimana proses adanya minyak dan gas bumi hingga bisa dipakai oleh masyarakat dan tak kalah penting setiap peserta banyak mendapatkan doorprize dan voucher dalam acara kampanye edukasi migas ini.

“Ini sungguh pengalaman yang berharga bagi kami. Kita jadi paham bagaimana proses terjadinya migas. Selain itu kegiatan ini juga seru dengan dimeriahkan berbagai game dan kuis untuk memperkuat pemahaman pesertanya,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMAN 1 Bojonegoro, beliau bapak Sumarmin, M.Pd, menyampaikan rasa terima kasih karena PEPC telah memberikan kesempatan untuk bisa berbagi dengan para peserta didik kelas 12 di sekolahnya. Dirinya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi sekolah di sini dan menjadi bekal ke depan bagi anak-anak didiknya. Menurutnya, materi yang dibawakan oleh para pemateri ini cukup berharga terlebih para pesertanya berasal dari alumni SMAN 1 Bojonegoro kelas IPA yang juga menggeluti pelajaran eksakta.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi adik-adik tingkatnya. Dan kami sampaikan apresiasi kepada PEPC yang telah berbagi ilmu dengan sekolah kami,” ungkapnya.

Kegiatan Kenal Migas kali ini di SMAN 1 Bojonegoro merupakan inisiasi dari komunitas Bergerak 4 Twelve PEPC Zona 12. Komunitas Bergerak 4 Twelve sendiri merupakan himpunan para pekerja migas lintas fungsi di Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) untuk mewadahi para pekerja yang memiliki kepedulian bidang sosial kemasyarakatan dan lingkungan. 

Peserta didik SMAN 1 Bojonegoro banyak mendapatkan penjelasan tentang bagaimana gas di Lapangan JTB diambil dari sumurnya untuk kemudian diproses sebelum dapat disalurkan kepada end user. Selain itu peserta juga diberikan pemahaman akan pengelolaan lingkungan di JTB yang dibawakan oleh fungsi HSSE, termasuk bagaimana PEPC Zona 12 berkontribusi terhadap lingkungan sekitar melalui program pengembangan masyarakatnya.

Foto Dokumentasi Kegiatan Komunitas Bergerak 4 Twelve PEPC Zona 12 Gelar Kampanye Edukasi Kenal Migas di SMAN 1 Bojonegoro :





SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger