Home » , » Study Banding Sistem Kredit Semester di SMAN 1 Giri Banyuwangi

Study Banding Sistem Kredit Semester di SMAN 1 Giri Banyuwangi

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Saturday, September 8, 2018

Bojonegoro – Sabtu, 08 September 2018, SMA Negeri 1 Bojonegoro baru saja melaksanakan studi banding dalam rangka 'ngangsu kawruh' tentang Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi Jawa Timur. 

Dalam kunjungannya, SMA Negeri 1 Bojonegoro banyak belajar terkait Penerapan dan Penilaian Sistem Kredit Semester Paradigma Baru di SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu kegiatan Sosialisasi Sistem Kredit Semester berbasis UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang pelaksanaanya bertempat di lantai 2 ruang TRRC SMA Negeri 1 Bojonegoro [26/05/2018] dan bertindak sebagai narasumber beliau bapak H. Mujib, S.Pd, MM (Kepala SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Adapun perwakilan SMA Negeri 1 Bojonegoro yang ikut dalam studi banding Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi ini berjumlah 24 orang diantaranya Pengawas Dikmen Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro (Drs. Nurali, M.Pd), kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro (Dra.Sri Setyowati, M.Pd), wakasek bidang kurikulum SMA Negeri 1 Bojonegoro (Endang Sriwigati, M.Pd), wakasek bidang kehumasan SMA Negeri 1 Bojonegoro (Ra.Ima Hidayati, M.Pd), seluruh pendamping akademik (PA) kelas 10 SMA Negeri 1 Bojonegoro, tenaga pendidik bimbingan konseling kelas 10 SMA Negeri 1 Bojonegoro (Ajeng Rachmawati, S.Pd), perwakilan dari tenaga IT SMA Negeri 1 Bojonegoro (Purnomo Wahyudi, ST) dan perwakilan dari Tenaga Kependidikan (Sulistari dan Noera Widyastanti).
Kedatangan rombongan dari SMA Negeri 1 Bojonegoro diterima dan disambut dengan baik oleh Kepala SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi, bapak H. Mujib, S.Pd, MM beserta para wakil kepala sekolah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikannya.
Banyak materi yang dipaparkan oleh Kepala SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi berkaitan dengan penerapan Sistem Kredit Semester yang sudah dijalankan di sekolahnya, diantaranya ada Model Pembelajaran SKS di Kelas, Penilaian Sistem Kredit Semester dan pemanfaatan IT dalam pengelolaan sekolah.
  1. e-Absen (presensi guru, karyawan dan siswa (face detection))
  2. e-Ranking (program pemetaan prodi SNMPTN)
  3. e-Peminatan (program penempatan PPDB MIPA dan IPS)
  4. e-Learning / e-UKBM (pembelajaran dan evaluasi berbasis digital)
  5. e-Raport (program evaluasi penilaian dar Direktorat PSMA)
  6. e-Jurnal (program mencatat seluruh aktivitas Tenaga Pendidik / Tenaga Kependidikan)
  7. e-Tamu (program mencatat tamu yang datang)
  8. e-Perpustakaan
  9. e-Surat (program mencatat surat masuk dan keluar)
  10. e-Keuangan (pengelolaan SPP, SAS, Bimbel dan PSM)
  11. e-Consul
  12. e-Kantin
  13. e-Clinic Mapel
Acara ditutup dengan saling menyerahkan vandel sebagai kenang-kenangan dan simbol kerjasama di masa mendatang.



Berikut foto dokumentasi kegiatan Studi Banding SMA Negeri 1 Bojonegoro ke SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi :

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger