Home » » Siswa SMAN 1 Bojonegoro Belajar Energi Migas Bersama EMCL

Siswa SMAN 1 Bojonegoro Belajar Energi Migas Bersama EMCL

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Thursday, November 21, 2019


Sebanyak 100 siswa SMAN 1 Bojonegoro mengikuti kegiatan bertajuk Belajar Energi Migas, Selasa (19/11/2019). Acara ini merupakan hasil kerja sama SMAN 1 Bojonegoro dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini berlangsung seru. Para siswa antusias mengikuti rangkaian acara yang terdiri atas materi belajar energi migas, public speaking, dan lomba public speaking. Apalagi, kegiatan ini dikemas serius tetapi santai dengan beragam game, ice breaking, dan pembagian suvenir.


Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Bojonegoro Drs Markasim, External Affairs Manager EMCL Ichwan Arifin, Ketua YKIB Muhammad Roqib SH, dan narasumber public speaking dari We Pro Surabaya, Rian Priyo Hadi, SPd. 

Dalam sambutannya, Drs Markasim mengaku senang mendapatkan kunjungan kegiatan belajar energi migas ini. “Kegiatan belajar energi migas ini bisa menjadi pengetahuan bagi siswa, mengakrabkan sekolah dengan pihak EMCL, dan mengenalkan industri minyak dan gas bumi kepada siswa,” ujarnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Ichwan Arifin menjelaskan, kegiatan belajar energi migas ini bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman dari tenaga ahli yang selama ini bekerja di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, kepada para siswa terutama jenjang SMA dan SMK di Kabupaten Bojonegoro. 

“Kami ingin berbagi ilmu dan pengalaman tentang energi minyak dan gas bumi, juga aktivitas EMCL di Lapangan Banyu Urip. Harapannya bisa memberi inspirasi kepada para siswa-siswi SMA dan SMK di Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya. 

Materi belajar energi migas disampaikan oleh Andi Purwanto, Maintenance and Reliability Supervisor Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu. Ia telah bergabung dengan ExxonMobil sejak tahun 2007 dan pernah bertugas sebagai Mechanical Technician di Wyoming, Amerika Serikat, dan sebagai Lead Mechanic ExxonMobil di Nigeria. Pengalamannya selama bertugas itu dibagikannya kepada para siswa-siswi yang mengikuti belajar energy migas. 

“Standar keselamatan bekerja di ExxonMobil di Amerika Serikat, Nigeria, dan juga di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, di Indonesia ini sama. Tidak boleh ada yang cidera saat bekerja di lapangan minyak dan gas bumi yang dikelola oleh ExxonMobil,” ungkapnya. 


Siswa yang mengikuti belajar energi migas sangat antusias dan kritis. Azzahra, salah satu siswi, misalnya menanyakan, pemerintah pernah menyampaikan akan menaikkan target produksi minyak nasional menjadi 1 juta barel per hari. Lalu, bagaimana bisa mencapai target produksi minyak tersebut?. 

Menjawab pertanyaan itu, Andi Purwanto, mengungkapkan, pemerintah melalui SKK Migas memang terus berusaha menaikkan target produksi minyak nasional. Salah satu di antaranya dengan memaksimalkan produksi minyak dari sumur-sumur tua. 

Setelah materi belajar energi migas, acara dilanjutkan dengan materi public speaking yang disampaikan oleh Rian Priyo Hadi. Ia menyampaikan materi public speaking dengan sangat menarik dan membuat siswa-siswi antusias mengikutinya. Selanjutnya, lima siswa mengikuti lomba public speaking. Mereka tampil di depan dan menyampaikan presentasi tentang energi minyak dan gas bumi dengan gayanya masing-masing. 

Berdasarkan hasil penjurian, para pemenang lomba public speaking adalah sebagai berikut. Juara I Hisanifa Arifani, juara II Alfauzi Satrio Wicaksono, juara II Rizki Maulana Saputra, juara harapan I Pramesti Hajar Budi, dan juara harapan II Ade Gumelar Pangestu. Juara I mendapat hadiah sepeda gunung, juara II sepeda BMX, juara III jam tangan, sedangkan juara harapan I dan juara harapan II dapat hadiah suvenir menarik.



SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger