Home » » Kegiatan Kemah Blok dan Outbond Motivasi Gugus Depan 01.123-01.124 SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun 2019

Kegiatan Kemah Blok dan Outbond Motivasi Gugus Depan 01.123-01.124 SMA Negeri 1 Bojonegoro Tahun 2019

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Friday, December 13, 2019


Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Pendidikan dilaksanakan dengan terintegrasi kegiatan intrakurikuler dengan pemilihan model dan waktu dalam penyampaian. Namun SMA Negeri 1 Bojonegoro memilih model atau metode dengan sistem blok dalam sebuah perkemahan untuk para peserta didik kelas 12 dan kemah blok ini merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan kurikulum 2013 SMA.

Sebanyak 291 peserta didik yang terdiri dari 8 rombel IPA dan IPS kelas XII SMA Negeri 1 Bojonegoro hari ini mengikuti kegiatan Kemah Blok Kepramukaan dan Out Bond Motivasi yang dilaksanakan di alam terbuka Wanawisata Dander Bojonegoro. Kegiatan Kemah Blok Kepramukaan dan Out Bond Motivasi ini dibuka langsung oleh kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro beliau ibu Dra. Sri Setyowati, M.Pd dan sesuai rundown kegiatan Kemah Blok Kepramukaan dan Out Bound Motivasi akan dilaksanakan selama 2 hari Jumat dan Sabtu [13 - 14 /12/2019]. 

Dasar kegiatan pelaksanaan kemah blok ini merupakan amanah yang harus dijalankan atas dasar peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) No. 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dalam kegiatan kemah Blok dan Outbond Motivasi, peserta didik diberi berbagai kegiatan kepramukaan seperti Kepemimpinan, Kesehatan, Wawaasan Kebanngsaan, Caracter Building (Karakter Generasi Milineal), Motivasi Belajar, Kerohanian, Santun Berlalu Lintas dan Etika, Bakti Soal dan Outbond Motivation. Adapun tujuan diselenggaranya Kegiatan Kemah Blok Kepramukaan dan Out Bond Motivasi ini diantaranya : 1.) Menyiapkan anggota Pramuka Ambalan Ganapati Saraswati yang berkarakter, mengamalkan Satya Darma Pramuka yang penuh tanggung jawab, 2.) Membina karakter peserta didik melalui pengembangan nilai - nilai karakter bangsa dalam wadah pendidikan kepramukaan, 3.) Menanamkan sikap positif, rasa kesetiakawanan, solidaritas, dan kepedulian sosial dalam keprasahajaan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, 4.) Mempererat rasa persaudaraan, kesatuan, dan persatuan pemuda melalui kegiatan kepanduan Praja Muda Karana sehingga nantinya mampu untuk berprestasi. Kegiatan Kemah Blok Kepramukaan dan Outbond Motivasi ini dipandu oleh Dewan Ambalan Gugus Depan 01.123-01.124 SMA Negeri 1 Bojonegoro

Dengan demikian, pencapaian kompetensi inti sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan memperoleh penguatan bermakna melalui fasilitasi sistemik adaptif pendidikan kepramukaan melalui kegiatan Kemah Blok dan Outbond Motivasi ini. Pendidikan kepramukaan dinilai sangat penting. Melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling menolong, mencintai Tanah Air dan mencintai alam. Oleh sebab itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.



SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger