Home » » Tim Penilai Dharma Wanita Persatuan (DWP) Wilayah Kabupaten Bojonegoro Melakukan Penilaian Kunjungan Lapangan di Kebun SMAN 1 Bojonegoro

Tim Penilai Dharma Wanita Persatuan (DWP) Wilayah Kabupaten Bojonegoro Melakukan Penilaian Kunjungan Lapangan di Kebun SMAN 1 Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Saturday, November 21, 2020

Sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahunnya yang ke 21, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Wilayah Kabupaten Bojonegoro menggelar berbagai lomba yang terbagi di empat zona yang meliputi 4 (empat) tema yang berbeda dan 1 (satu) lomba inovasi.

Di empat zona ini masing-masing diikuti 10 lembaga SMA/SMK/PKLK. Lomba yang digelar diantaranya lomba senam 6 langkah cuci tangan dengan tema "sehat", lomba kreasi tali asih model hantaran resmi bernuansa Dhama Wanita Persatuan dengan tema "berkarya" , lomba ceramah agama dengan tema "keluarga", dan lomba desain kebaya lengkap Dharma Wanita dengan tema "Sosial budaya". Adapun 1 (satu) lomba inovasi yakni Lomba Kebun Dharma Wanita yang mana pesertanya seluruh Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Bojonegoro. 

Seperti di SMAN 1 Bojonegoro, tim penilai lomba inovasi lomba kebun Dharma Wanita yang dipimpin oleh ibu Rita Jaswadi pagi hari ini sabtu (21/11/2020) datang ke sekolah untuk melakukan penilaian kunjungan lapangan. Kedatangan tim penilai disambut dengan baik oleh ibu Sumarmin (ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMAN 1 Bojonegoro) beserta anggota ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan SMAN 1 Bojonegoro.

Rasa senang dan menarik yang disampaikan oleh tim penilai dalam kunjungannya di kebun taman kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro. Apresiasi diberikan kepada SMAN 1 Bojonegoro sudah menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional oleh Kementerian Llingkungan Hidup RI.

Ulasan Taman Kreatifitas merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di halaman belakang SMAN 1 Bojonegoro yang dikembangkan sebagai area taman dan sarana edukasi ruang luar bagi siswa sekolah. Sebuah taman yang memiliki salah satu fungsi healing secara arsitektural yakni taman yang di desain secara fungsional dan estetis. Taman Kreatifitas terbagi atas zona-zona seperti zona taman estetika, edukasi, produktif, dan vertikal dengan teknologi sederhana. 

Zona taman estetika, pertama taman kreatifitas menampilkan estetika berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman hias, pohon peneduh dan manfaat perolehan pangan dari tanaman obat, sayur dan buah. kedua menampilkan bangunan gasibo, air mancur, dan kolam ikan yang dapat menunjang keindahan eksterior taman, ketiga menampilkan  lampu penerang dengan sumber tenaga ramah lingkungan (solar cell), dan bank sampah (pengelolaan sampah dijadikan kompos) yang tata kelolanya ditata dengan baik dan rapi.

Zona taman edukasi, taman sebagai sarana edukasi. Kegiatan pembelajaran outdoor learning process dapat dilaksanakan di taman, yaitu memanfaatkan taman sebagai media untuk memahami karakter tumbuhan dan bangunan gasibo selain memberikan keindahan eksterior taman bisa dimanfaatkan juga untuk kegiatan pembelajaran outdoor learning process memberiikan alternatif dan variasi pembelajaran supaya tidak monoton di ruang kelas. 

Zona taman  produktif, sebuah taman yang menyediakan tanaman pangan dari tanaman obat keluarga (Toga), sayur dan buah. Wujudnya dikembangkan secara horisontal dan vertikal. Vertical garden by hydroponic system salah satu wujud pengembangan tanaman secara vertikal di taman kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro.



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger