Home » » Pembelajaran Daring SMAN 1 Bojonegoro Melalui Kuota Belajar Sebagai Alternatif Strategis Yang Sangat Efektif Bagi Keberlangsungan Proses Belajar di Tengah Pandemi

Pembelajaran Daring SMAN 1 Bojonegoro Melalui Kuota Belajar Sebagai Alternatif Strategis Yang Sangat Efektif Bagi Keberlangsungan Proses Belajar di Tengah Pandemi

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Jumat, 16 Juli 2021

 


Di tengah masa Pandemi COVID-19 yang masih tinggi kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Bojonegoro tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka langsung, kebijakan tersebut ditempuh karena adanya aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mewajibkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring serta sebagai upaya untuk memastikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan seluruh siswa serta warga sekolah.
Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sistem daring dengan program bantuan kuota belajar yang dikeluarkan pemerintah sebagai solusi agar pendidikan tetap berjalan, kreatifitas guru dituntut untuk bisa menggunakan berbagai platform aplikasi pembelajaran online yang tersedia sangat banyak namun kemanfaatan dan efektifitasnya sangat berbeda. Salah satu upaya untuk menyikapi kebijakan pemerintah, SMAN 1 Bojonegoro mengambil langkah pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas. Aplikasi Zoom Meeting yang bisa diakses melalui kuota belajar sebagai alternatif strategis yang sangat efektif bagi keberlangsungan proses belajar di tengah pandemi.
Aplikasi Zoom Meeting yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh di SMAN 1 Bojonegoro ialah Zoom Meeting. Platform Zoom Meeting merupakan salah satu aplikasi yang mempermudah orang bertatap muka dan berkomunikasi tanpa harus saling bertatap muka. Zoom Meeting menjadi aplikasi yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran tatap muka menggunakan video. Singkatnya, Zoom Meeting merupakan aplikasi berbasis video. Dengan metode pengkajian kualitatif dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui proses pembelajaran guru dan respon siswa dalam pembelajaran online yang baik dengan aplikasi Zoom Meeting ini.
Berbagai media yang lain juga digunakan oleh guru untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring. Misalnya kelas-kelas virtual menggunakan bentuk layanan Learning Management System (LMS) yang sudah disediakan oleh sekolah, blog dan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Guru bisa memanfaatkan fasilitas - fasilitas tersebut untuk layanan pendidikan pembelajaran secara daring.









SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger