Home » » SMAN 1 Bojonegoro Dapat Kunjungan Tim Penilai Lomba Wajah Bahasa Sekolah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

SMAN 1 Bojonegoro Dapat Kunjungan Tim Penilai Lomba Wajah Bahasa Sekolah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Jumat, 20 Agustus 2021


Bojonegoro, http://sman1bojonegoro.sch.id - Tim Penilaian Lomba Wajah Bahasa Sekolah Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengunjungi SMAN 1 Bojonegoro, Jumat 20 Agustus 2021. Kunjungan ini guna melakukan penilaian dalam lomba yang bertajuk untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat, sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan.

Sebelumnya Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi pada tanggal 23 Juli 2021 telah melaksanakan Penjurian Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2021. Berdasarkan tiga variabel penilaian pengutamaan bahasa negara di ruang publik yang mencakup penilaian fisik kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, Dewan Juri menetapkan enam belas sekolah nomine penerima Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2021. SMAN 1 Bojonegoro masuk dalam daftar sekolah nomine penerima Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2021.

       

Dalam kunjungannya Tim Penilaian Lomba Wajah Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang datang ke sekolah berjumlah 2 orang beliau ada Ibu Desti Nurmatyas dan Ibu Arvynda Permatasari dengan didampingi dari Tim Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur beliau ada Bapak Arief Izzak dan Ibu Tri Winarsih disambut baik oleh Kepala SMAN 1 Bojonegoro beliau Bapak Sumarmin, M.Pd dengan didampingi dua waka nya beliau bapak Mas Edy Masrur, S.Pd (Waka Bidang Kurikulum) dan Ibu Husnul Chotimah, S.Pd, M.Pd. (Waka Bidang Humas).

Tim Penilaian melakukan penilaian di SMAN 1 Bojonegoro selama kurang lebih dua jam berlangsung lamanya. Objek yang dinilai fokus pada objek penggunaan bahasa pada lembaga sekolah berupa foto papan nama sekolah, fasilitas umum seperti toilet, musala, kantin, perpustakaan, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang administrasi tata usaha, ruang pertemuan, ruang pramuka, ruang uks, struktur kepegawaian, penunjuk arah, produk sekolah, serta media informasi seperti visi misi sekolah, anjuran Protokol Covid, dll. Kriteria penilaian sendiri meliputi penggunaan bahasa Indonesia yang tepat, pengutamaan bahasa negara, dan bahan yang digunakan.

Proses kunjungannya Tim penilai berkeliling guna mengetahui lebih jauh kondisi sekolah dan media-media informasi lainnya yang ada di sekolah. ‘Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.' Demikian tagline Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Semoga predikat terbaik dapat diraih SMAN 1 Bojonegoro dapat meningkatkan ketertiban berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat.

Berikut Foto Dokumentasi Kunjungan Tim Penilaian Lomba Wajah Bahasa Sekolah Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di SMAN 1 Bojonegoro:

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger