Home » , » SMA Negeri 1 Bojonegoro Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

SMA Negeri 1 Bojonegoro Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Sabtu, 24 Desember 2022


Sebagai sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, SMA Negeri 1 Bojonegoro menggelar pameran belajar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Jumat (23/12/2022) pagi di halaman SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Acara yang diramu dengan kegiatan penerimaan capaian hasil belajar siswa-siswi semester ganjil SMA Negeri 1 Bojonegoro berlangsung dengan baik dan meriah. 


Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro bapak Sumarmin, M.Pd menyampaikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Tujuan dilaksanakan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini adalah sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka, dengan tujuan untuk menyiapkan kecakapan para siswa yang berkarakter, berkewarganegaraan, berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi.

Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka SMA Negeri 1 Bojonegoro pada tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas X sedang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terkait dengan penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), pada tahun ajaran ini menerapkan pada tema “Kearifan Lokal Wayang Thengul”.

Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan menampilkan hasil proyek masing-masing kelas yaitu Tari Thengul, Lukisan Thengul, Film Dokumenter, Desain Poster Thengul, Essay, Desain Merchandes, Drama Musikalisasi, dan Desain Fashion. Semua karya ditampilkan dengan sangat menarik. 

Penampilan Tari Thengul dan Drama Musikalisasi 
Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
SMAN 1 Bojonegoro

Pemutaran Film Dokumenter 
Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
SMAN 1 Bojonegoro

Selanjutnya, hasil karya  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dikunjungi oleh seluruh warga sekolah baik dari Bapak/Ibu Guru dan Karyawan Tata Usaha serta Bapak/Ibu Wali Muird yang datang baik dari siswa kelas X, XI dan XII bertepatan dengan kegiatan sebelum penerimaan capaian hasil belajar siswa-siswi semester ganjil SMA Negeri 1 Bojonegoro. Antusiasme seluruh siswa kelas X, warga sekolah dan bapak/ibu wali murid merebak ke seluruh penjuru sekolah. Mulai dari awal memasuki pintu gerbang dan menuju ruang basement sekolah sudah siap disambut dengan pameran karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diantaranya ada Lukisan Thengul, Desain Poster Thengul, Essay, Desain Merchandes, dan Desain Fashion. Berikutnya di lapangan sekolah ada penampilan Tari Thengul dan Drama Musikalisasi yang dibawakan dan diperankan oleh seluruh siswa kelas X. Selanjutnya di ruang pertemuan lantai 2 juga ada hasil Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu pemutaran film dokumenter.

Puncak acara kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila selesai, bapak/ibu wali murid kelas X, XI dan XII langsung menuju ruangan yang telah dipersiapkan untuk menerima capaian hasil belajar siswa-siswi semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

 



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger