Home » » Tim Kewirausahaan SMAN 1 Bojonegoro Sosialisasi Aplikasi E-Kantin 'Pesan di Aku' ke Warga Sekolah

Tim Kewirausahaan SMAN 1 Bojonegoro Sosialisasi Aplikasi E-Kantin 'Pesan di Aku' ke Warga Sekolah

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Senin, 16 Januari 2023

Tim Kewirausahaan SMAN 1 Bojonegoro 
Sosialisasi Aplikasi E-Kantin 'Pesan di Aku' ke Warga Sekolah

Kantin adalah salah satu tempat favorit para siswa di sekolah. Pasalnya, dengan ke kantin para siswa menganggap bisa menjernihkan pikiran setelah suntuk berjam-jam pelajaran. Namun,  hal itu tidak bisa terwujud apabila keadaan kantin tidak kondusif, seperti antrean yang tidak terkendali. Sehingga siswa menjadi cenderung malas untuk pergi ke kantin. Hal serupa juga terjadi di kantin SMA Negeri 1 Bojonegoro. Selain masalah antrean yang tidak terkendali karena metode pembayaran dan pemilihan menu makanan yang masih manual, lahan kantin yang terbatas disertai jumlah meja dan kursi yang minim membuat tidak semua siswa dapat menikmati makanan dan minumannya di kantin. Pilihan menu yang tersedia di kantin pun tidak disertai dengan gambar makanan, daftar harga, maupun tabel nutrisi sehingga tak jarang membuat siswa bingung ketika akan membeli makanan di kantin sekolah. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan tersebut, Tim Kewirausahaan yang beranggotakan 3 orang atas nama Nabila Aristawati (Kelas 12 MIPA 4), Bagus Ibnu Haikal (Kelas 12 MIPA 5) dan Pasquita Benan (Kelas 12 MIPA 3)  berhasil membuat inovasi untuk menawarkan sebuah solusi inovatif yakni melalui aplikasi “Pesan di Aku”.

“Pesan di Aku” adalah sebuah website e-kantin yang menyediakan pelayanan terhadap pengguna atau calon pengunjung kantin, yang mana dimaksud di sini adalah seluruh warga SMAN 1 Bojonegoro. Melalui website ini pengunjung kantin akan dimudahkan dalam hal memilih hingga memesan makanan ataupun minuman yang akan dibeli tanpa harus berdesak-desakan di kantin sekolah. “Pesan di Aku” merupakan salah satu bentuk digitalisasi dari Kantin Sekolah yang konvensional menjadi kantin online yang mudah diakses semua orang. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut orang untuk beradaptasi dan membiasakan diri untuk berteman dengan teknologi. Mengingat di era digital saat ini segala hal dilakukan dengan bantuan teknologi, tentu penggunaan kantin online akan sangat membantu dalam mengefisiensikan waktu seluruh penggunanya. Hal tersebut mendasari Tim Kewirausahaan untuk membuat suatu terobosan baru dalam pelayanan Kantin Sekolah melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini dalam bentuk website “Pesan di Aku”. E-kantin ini merupakan suatu bentuk inovasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan kantin yang ada di sekolah. Sistem pemasaran digital merupakan sebuah terobosan bagi penjual dan warga sekolah untuk sama-sama menjalin hubungan timbal balik yang memberikan keuntungan antara satu dengan yang lainnya. Melalui aplikasi e-kantin “Pesan di Aku”, seluruh warga sekolah dapat memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk mempermudah akses pembelian makanan yang diupayakan untuk pemenuhan kebutuhannya disekolah selepas kegiatan belajar mengajar.

Fitur-Fitur yang Ditawarkan

Adanya e-kantin “Pesan Di Aku” ini diharapkan bisa mengurangi atau bahkan mengatasi permasalahan yang ada di kantin saat ini. Pada website “Pesan Di Aku” terdapat beberapa fitur menarik antara lain sebagai berikut:

Fitur pemesanan makanan
Pada fitur ini, para siswa bisa melakukan pemesanan makanan dikantin melalui gawai masing-masing. Mereka juga bisa melihat menu apa saja yang dijual pada hari itu beserta daftar harganya. Terdapat pula informasi mengenai nilai gizi setiap makanannya, misalkan berapa kalori, lemak, dan lain lain.

Fitur pembayaran makanan
Setelah memilih makanan, pembayaran bisa langsung dilakukan pada laman web sekaligus. Setelah melakukan pembayaran, siswa bisa langsung mengambil makanan atau minumannya di kantin dengan mengscan kode qr yang tersedia di kantin, untuk pembayaran menggunakan uang secara konvensial juga masih tersedia. Fitur ini juga bisa mengurangi antrean di kantin. 

Fitur booking 
Keterbatasan lahan membuat meja dan kursi di kantin pun tidak terlalu banyak. sehingga untuk mengatasi hal tersebut, maka terdapat fitur booking. Mekanisme kerja fitur ini yaitu para siswa memilih meja kantin yang akan di booking. Setiap meja akan diisi 5-8 kursi, sehingga metode pemesannya haruslah kelompok. Penggunaan meja maksimal 15 menit saja. Hal ini dikarenakan agar semua siswa berkesempatan untuk menikmati makanan dan minuman di kantin. Selain itu, suasana kantin juga akan diwarnai dengan adanya pojok hiburan yang berupa panggung kecil untuk penampilan bakat siswa. Pada saat hari-hari besar tertentu, misalkan hari pahlawan, maka kantin akan dihias sedemikian rupa sesuai dengan tema. Semua ini ditujukan untuk mengubah suasana kantin yang terkesan monoton. 

Implementasi di Lingkungan Sekolah
Aplikasi E-kantin “Pesan di Aku” disosialisasikan keseluruh warga sekolah dalam bentuk link yang mudah diingat, yaitu http://pesandiaku.store. Melalui link tersebut seluruh warga sekolah dapat mengakses pelayanan kantin dengan mudah. Mengingat bahwa di setiap ruang sekolah telah tersedia wi-fi dan setiap siswanya dipastikan memiliki smartphone, maka penerapan “Pesan di Aku” sebagai bentuk digitalisasi kantin sekolah tidak memerlukan adaptasi dalam waktu yang lama. 

Warga sekolah tentunya dapat menyesuaikan diri dengan cepat. Aplikasi “Pesan di Aku” dapat diakses setiap siswa dari kelas masing-masing. Calon pengunjung kantin hanya perlu membuka link dan memilih menu yang akan dibeli. Dengan demikian ketika di kantin pengunjung hanya tinggal mengambil pesanan yang sudah dibeli melalui website tersebut. Karena makanan yang disediakan di kantin adalah makanan yang sudah jadi, membuat penjual tinggal mengambil stok makanan di etalase dan memilahnya sesuai pesanan yang masuk, sehingga pembeli yang sudah memesan melalui website tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung ke meja kasir khusus untuk pengambilan pesanan. Pembayarannya sendiri seperti yang telah diuraikan sebelumnya, dapat melalui e-money sehingga memudahkan penjaga kasir dalam memberi kembalian.

Tim Kewirausahaan SMAN 1 Bojonegoro 
Sosialisasi Aplikasi E-Kantin 'Pesan di Aku' ke Warga Sekolah


Guru mencoba aplikasi e kantin 'Pesan di Aku'

Pokja kantin melayani pemesanan makanan melalui aplikasi 'Pesan di Aku'

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger