Home » » Peringatan Nuzulul Qur'an di SMAN 1 Bojonegoro Tahun 2023

Peringatan Nuzulul Qur'an di SMAN 1 Bojonegoro Tahun 2023

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Selasa, 18 April 2023

Sambutan Bapak Sumarmin, M.Pd (Kepala SMAN 1 Bojonegoro) 
Peringatan Nuzulul Qur'an
"Al quran sebagai pedoman dan sumber inspirasi sukses dalam kehidupan"

Nuzulul Quran adalah waktu turunya Al-Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar.


Namun begitu, Nuzulul Quran sering diperingati pada malam 17 Ramadhan, sementara umum diketahui bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman, إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr 1-5)

Dalam rangka menyambut malam Nuzulul Qur'an dan menutup rangkaian pelaksanaan kegiatan pondok Ramadhan di sekolah, OSIS/MPK bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMA Negeri 1 Bojonegoro mengadakan doa bersama, pembacaan Al-Quran, kajian ilmu dan pemberian santunan kepada siswa/siswi yatim piatu serta dhuafa di sekitar lingkungan sekolah. Sebanyak 53 siswa dan anak-anak yatim/piatu mendapatkan bantuan santunan dari infaq dan sedekah yang dihimpun dari warga sekolah. Sedangkan pembagian zakat fitrah sebanyak 460 paket telah dibagikan ke masyarakat miskin, warga sekolah tidak mampu, dan lansia di sekitar lingkungan sekolah yakni di lingkungan Desa Kauman mencakup RT.01, RT.03, RT. 04, dan RT.06, di lingkungan kelurahan Kepatihan, lingkungan kelurahan Klangon, dan di lingkungan kelurahan Banjarjo.

Semoga Allah SWT senantiasa membalas semua amal kebaikan dari semuanya dengan sebaik-baiknya balasan.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMA Negeri 1 Bojonegoro
Membagikan Santunan Anak Yatim/Piatu dan Pembagian Zakat Fitrah di Kelurahan Banjarjo

Sie Kerohanian Islam (SKI) SMAN 1 Bojonegoro didampingi Ketua RT setempat membagikan Zakat Fitrah Kepada Warga Miskin dan Lansia di Desa Kauman 

Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMA Negeri 1 Bojonegoro
Membagikan santunan kepada siswa/siswi yatim/piatu
di Masjid Alfurqon SMAN 1 Bojonegoro

Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Bojonegoro
Membagikan santunan kepada siswa/siswi kurang mampu
di Masjid Alfurqon SMAN 1 Bojonegoro

Kegiatan menyambut malam Nuzulul Qur'an adalah program tahunan sekolah yang dilaksanakan secara rutin melalui program kerja OSIS sie- 1 (Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Pemberi Tausyiah Peringatan Nuzulul Quran
Ustadz Muhammad Ansorul HA, S.Pdi

Peringatan nuzulul quran dijadikan sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga sekolah bagi yang beragama islam. Peringatan nuzulul quran yang diadakan di sekolah dan diperingati secara sederhana ini dengan melakukan amal kebajikan dan mengajak warga sekolah untuk mempedomani Al quran dengan mengetahui arti dan makna yang terkandung dalam Al-Quran sekaligus supaya dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Sesuai tema kegiatan peringatan nuzulul quran tahun ini adalah "Al quran sebagai pedoman dan sumber inspirasi sukses dalam kehidupan".

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger