Home » » Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Bojonegoro Goes To Yogyakarta

Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Bojonegoro Goes To Yogyakarta

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Kamis, 14 Desember 2023

Pembina Ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Bojonegoro Ibu Dwi Wahyuni, M.Pd (foto sebelah kanan) mendapatkan apresiasi dari pihak Universitas Gajah Mada Yogyakarta atas kolaborasi dengan Unit Penalaran ilmiah Interdisiplinier 

Sabtu, 18 Nopember 2023. Siswa Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Bojonegoro dengan Pembina KIR Ibu Dwi Wahyuni, M.Pd akan melaksanakan kegiatan Study Campus di UGM Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Ekstrakulikuler KIR SMAN 1 Bojonegoro, kali ini memilih Universitas Gadjah Mada sebagai tujuan utama tepatnya pada UPII (Unit Penalaran Ilmiah Interdisipliner) UGM. Alasan memilih Yogyakarta sebagai lokasi Study Campus, karena Yogyakarta menyuguhkan tempat yang dikenal sebagai kota pelajar/ mahasiswa serta banyak wisata alam seperti Studio Alam Gamplong dan Malioboro.

Sejumlah 56 siswa dan 2 guru pendamping yaitu Ibu Dwi Wahyuni, M.Pd (Pembina KIR) dan Ibu Titi Sulastri, S.Pd (Guru Sejarah) berangkat melaksanakan study campus pada hari jum'at 17 November 2023 tepat pada pukul 21.30 WIB. Perjalanan dari SMA Negeri 1 Bojonegoro menuju Yogyakarta cukup panjang, tepat pada pukul 04.00 WIB rombongan peserta Study Campus, Seni dan Sejarah singgah di Pawon Simbok Klaten untuk sholat Subuh, bersih diri, dan sarapan. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan menuju Kampus UGM Yogyakarta. Destinasi yang dituju yakni Kampus UGM Yogyakarta khususnya UPII (Unit Penelitian Ilmiah Interdisipliner) UGM, Studio Alam Gamplong dan diakhiri dengan mengunjungi Malioboro. Kegiatan dilaksanakan secara terjadwal selama 2 hari dari tanggal 17 November 2023 hingga 18 November 2023.

Kunjungan kampus di Universitas Gadjah Mada menjadi kegiatan puncak pada kegiatan Study Campus, tersebut dipimpin langsung oleh Ibu Dwi Wahyuni, M.Pd. selaku Pembina KIR SMA Negeri 1 Bojonegoro. Siswa-siswi KIR SMA Negeri 1 Bojonegoro sangat antusias dalam mengikuti paparan serta penjelasan dari pemateri UPII Universitas Gadjah Mada didampingi Mbak Anisa (mahasiswa FK UGM) dan mbak Renada (mahasiswa Biologi UGM). Sebagai ketua tim mas Regan (mahasiswa Psikologi UGM) kebetulan tidak bisa hadir. Sebagai pemateri mas Bhre Redana tentang “How To Train Your Scientific Writing Skill” dan mbak Ulul Ilmi tentang “Berlayar dalam prestasi dengan Perspektif Baru”.

Setelah kegiatan Study Campus lalu dilanjutkan Wisata Seni yaitu kunjungan ke Studio Alam Gamplong tempat pembuatan Film milik Sutradara Hanung Bramantyo, hal ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas seni yang dimiliki siswa, memberi ruang kepada siswa yang berminat dalam bidang seni dan budaya. 

Melalui kegiatan Study campus dan Wisata Budaya dan Seni diharapakan setelah kegiatan ini berimbas kepada siswa terutama kemampuan di bisang kepenulisan, memperdalam wawasan mengenai seni dan budaya pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro dan rasa syukur kepada Allah atas ciptaan-Nya. Serta dengan adanya kunjungan Kampus dapat menambah wawasan dan minat siswa-siswi SMA Negeri 1 Bojonegoro untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Berikut foto dokumentasi kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Bojonegoro Study Campus ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta



SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2021 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger