Home » , » Gerakan Peduli Sampah Anak Usia Dini SMA Negeri 1 Bojonegoro Berikan Pemahaman Tentang Macam - Macam Sampah, Manfaat Sampah dan Biopori Kepada Anak-Anak Play Group Darussalam Bojonegoro

Gerakan Peduli Sampah Anak Usia Dini SMA Negeri 1 Bojonegoro Berikan Pemahaman Tentang Macam - Macam Sampah, Manfaat Sampah dan Biopori Kepada Anak-Anak Play Group Darussalam Bojonegoro

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Wednesday, February 19, 2020


Pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tidak pernah berakhir. Berlangsung sejak manusia ada dan berakhir ketika manusia tiada. Pendidikan karakter sebagai suatu proses terpadu untuk menyiapkan generasi penerus bangsa, yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia masa depan. Salah satu karakter yang harus diterapkan sejak dini kepada anak adalah karakter cinta lingkungan.

Penanaman karakter cinta lingkungan kepada anak dapat dilakukan oleh sekolah dengan memberikan Program-Program yang berhubungan dengan karakter cinta lingkungan yang melibatkan anak didik secara langsung dalam Program tersebut. Salah satu Program yang dapat memberikan pemahaman secara langsung tentang karakter cinta lingkungan pada anak seperti halnya "Gerakan Peduli Sampah Anak Usia Dini" yang saat ini tengah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Upaya mengenalkan anak sejak dini dalam membangun jiwa cinta lingkungan telah diberikan Play Group Darussalam kepada anak-anak didiknya melalui kegiatan lintas sektoral yaitu kegiatan yang dilakukan di tempat terbuka (outdoor) dengan melihat berbagai fasilitas belajar pengenalan lingkungan di SMAN 1 Bojonegoro. Diantaranya belajar tentang macam - macam sampah, manfaat sampah dan biopori di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Bojonegoro, sman1bojonegoro.sch.id -- Gerakan Peduli Sampah Kepada Anak Sejak Dini, SMA Negeri 1 Bojonegoro berikan pemahaman dan memperkenalkan macam - macam sampah, manfaat sampah, biopri dan bahaya sampah bagi lingkungan secara dini kepada anak-anak Play Group Plus Darussalam Bojonegoro, Kamis (20/02/2020).

Kunjungan Play Group Plus Darussalam Bojonegoro sebanyak 123 siswa (play group usia 4 tahun) beserta 14 orang guru dalam rangka kegiatan lintas sektoral di SMA Negeri 1 Bojonegoro hari ini diterima sangat baik oleh segenap warga sekolah. Turut serta mendukung kegiatan sekolah program "Gerakan Peduli Sampah Kepada Anak Sejak Dini" komite sekolah hadir dan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah (Ibu Dra. Sri Setyowati, M.Pd) Bersama Waksasek dan Komite Bermain Dengan Anak - Anak Play Group Plus Darussalam Bojonegoro Selepas Memberikan Sambutan dan Membuka Acara Kegiatan "Gerakan Peduli Sampah Kepada Anak Sejak Dini" di Masjid Al-Furqon SMA Negeri 1 Bojonegoro,

Video dokumentasi sambutan kepala sekolah Ibu Dra. Sri Setyowati, M.Pd membuka acara kegiatan Gerakan Peduli Sampah Kepada Anak Sejak Dini di Masjid Al-Furqon SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Dipandu oleh tim adiwiyata sekolah dan beberapa peserta didik SMA Negeri 1 Bojonegoro yang tergabung dalam kader lingkungan kelompok kerja (Pokja) diantaranya ada pokja green house, pokja mini zoo, pokja gasebo, poja sanitasi, poja biopori, pokja kamar mandi dan pokja bank sampah, anak-anak Play Group Plus Darussalam Bojonegoro diperkenalkan lingkungan disekitar SMA Negeri 1 Bojonegoro dan mengetahui pengelolaan sampah dan biopori di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Kegiatan diawali dengan diperkenalkan fasilitas ibadah (masjid Al-furqon SMAN 1 Bojonegoro), anak-anak dari Play Group Plus Darussalam Bojonegoro dipandu oleh guru (ustadzahnya) melaksanakan kegiatan sholat dhuha bersama-sama. Selesai sholat dhuha, selanjutnya anak-anak Play Group Plus Darussalam Bojonegoro diajak istirahat sejenak untuk makan kue bersama yang dibagikan oleh guru (ustadzahnya) di tempat gazebo. Ada 3 tempat gazebo yang cukup ditempati untuk 14 orang Guru dan 123 anak dari Play Group Plus Darussalam Bojonegoro.  

Foto Dokumentasi Penyerahan Cinderamata Dari Play Group Darussalam Bojonegoro

Selesai istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung di bank sampah yang lokasinya ada di taman kreatifitas SMA Negeri 1 Bojonegoro. Dipandu oleh kader -kader lingkungan kelompok kerja (Pokja) SMAN 1 Bojonegoro, anak-anak Play Group Plus Darussalam Bojonegoro diberikan penjelasan tentang manfaat dan bahaya sampah bagi lingkungan, mengenal sampah organik dan anorganik, cara pemanfaatan sampah, cara pengelolaan sampah yang baik, dan fungsi serta kegunaan biopori.

Antusias anak–anak terlihat saat mendengarkan penjelasan dan langsung praktik memilah sampah - sampah organik dan anorganik, biopori dan proses daur ulang sampah yang dipandu oleh kakak-kakak kader lingkungan SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Video Dokumentasi Kader Lingkungan Menyampaikan Penjelasan Pengelolaan Sampah Kering dan Sampah Basah di Bank Sampah Taman Kreatifitas SMA Negeri 1 Bojonegoro

Video Dokumentasi Kader Lingkungan Bersama Anak-Anak Play Gorup Darussalam Bojonegoro Mengenal Biopori di Taman Kreatifitas SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Video Dokumentasi Kepala Sekolah Beserta Komite Melihat Praktik Daur Ulang Sampah Yang Disampaikan Oleh Kader Lingkungan di Bank Sampah - Taman Kreatifitas SMAN 1 Bojonegoro. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dari SMA Negeri 1 Bojonegoro kepada masyarakat di sekitar sekolah. Kegiatan rutin tahunan ini diharapkan adanya perubahan hidup sehat dan bersih yang dimulai dari diri sendiri dan dari usia dini." terang bapak Drs. Budi Purwanto (salah satu pengurus komite SMA Negeri 1 Bojonegoro)

Berikut beberapa foto dokumentasi kegiatan kunjungan Play Group Plus Darussalam Bojonegoro di SMAN 1 Bojonegoro :

Foto Bersama Kepala Sekolah Dengan Komite Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMA Negeri 1 Bojonegoro


 Foto kegiatan di taman kreatifitas SMA Negeri 1 Bojonegoro

 Foto kegiatan mengenal biopori di taman kreatifitas SMA Negeri 1 Bojonegoro

 Foto kegiatan penyampaian macam-macam sampah beserta manfaatnya

  Foto kegiatan penyampaian macam-macam sampah beserta manfaatnya

Foto kegiatan daur ulang sampah 

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2017 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger